Sukses

Sakit Gigi saat Proses Perawatan

20 Oct 2014, 04:25 WIB
Pria, 20 tahun.
Permisi dok, saya mau tanya langsung saja ya Saya mempunyai 2 gigi geraham berlubang, 1 di bagian kiri atas dan 1 lagi di bagian kanan bawah. Karena sudah lumayan dalam lubangnya dan sering sakit serta ngilu maka saya putuskan untuk menambal keduanya di puskesmas.Akhirnya ditambal lah sementara dua gigi itu. Dan dokternya pernah bilang selanjutnya syaraf giginya akan dimatikan. Nah saat kunjungan selanjutnya kedua gigi saya yg ditambal sementara itu dibongkar dan diberi obat untuk mematikan syaraf lalu ditambal sementara lagi. Kata dokternya nanti pasti setelah pulang pasti terasa sakit. Maka dari itu saya diberi obat antibiotik dan penghilang rasa sakit. Ternyata benar setelah pulang dari puskesmas itu terasa sakit yg sangat. Saya minumlah obatnya dan langsung hilang dan tidak saya minum lagi selama seminggu. Namun menjelang seminggu, gigi saya sakit lagi yaitu bila ditekan akan sakit sekali. Dan esoknya saya ke puskesmas lagi dan dokter bilang syarafnya sudah mati dan tinggal disterilkan. Lalu ditambal sementara lagi. Nah setelah itu bukannya hilang rasa sakitnya namun malah makin sakit apabila ditekan untuk menggigit dan didiamkan saja pun nyeri sekali. Untuk makan pun menderita rasanya. Obat yg diberi dokter pun tak mempan untuk menghilangkan sakitnya. Nah sekarang apa yang harus saya lakukan dok? Saya sudah benar-benar tidak nyaman dan tidak tahan lagi sakitnya. Terima kasih
drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami, saya mengerti bahwa rasa sakit yang timbul sangat mengganggu. Lubang pada gigi Anda telah mencapai kamar saraf maka perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi yang menanganinya adalah perawatan saluran akar. Pada prosesnya memang dilakukan beberapa kali kunjungan guna membersihkan saluran akar gigi dari bakteri dan kotoran lainnya agar selanjutnya dapat dilakukan penambalan tetap.

Pada keadaan yang Anda alami dimana rasa sakit sudah sangat mengganggu maka sebaiknya Anda kembali ke dokter gigi dan tidak perlu menunggu sampai pada jadwal Anda kembali, dan Anda juga dapat mencari "second opinion" dari dokter gigi lainnya. Dan perlu Anda perhatikan adalah minum obat yang telah diberikan oleh dokter secara teratur dan sesuai dosis.

Perawatan Saluran Akar

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar