Sukses

Mengatasi Jerawat & Bekasnya Secara Alami

02 Sep 2014, 13:07 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok mau tanya cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang plek-plek hitam, pake obat-obatan tradisional ?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Untuk menangani jerawat, kita harus ketahui terlebih dahulu penyebab dasarnya. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress

  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif

  • Keturunan dari orangtua

  • Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan.

Bahan-bahan herbal ini telah diteliti dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, antara lain:

  1. Kunyit. Bahan aktif dalam kunyit yaitu curcumin ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah.

  2. Manggis. Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan.

  3. Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Perawatan masker daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit kasar.

  4. Temulawak. Bahan aktif dalam temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri.

  5. Tea Tree. Minyak daun tea tree memiliki efek anti bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan efek spesifik anti bakteri yang khusus menyebabkan jerawat. Dosis yang dapat digunakan adalah 5-15% larutan, 2 kali sehari.

Banyak bahan-bahan herbal yang diduga dapat berperan dalam perawatan kulit, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, pastikanlah Anda teliti dalam menggunakan produk-produk kesehatan kulit.

Perawatan kulit yang baik dan tekun akan menunjang usaha pencegahan dan pengobatan jerawat. Lakukan perawatan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan malah memperparah jerawat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda merasa ragu dengan pilihan perawatan kulit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar