Sukses

Penanganan Herpes & Gonore

01 Sep 2014, 07:11 WIB
Pria, 22 tahun.
Selamat siang dok, saya mau bertanya seputar Herpes Genitalis. Sepertinya saya positif terkena penyakit ini kurang lebih 1 tahun yang lalu akibat sex bebas untuk pertama kalinya. Sebelumnya saya sangat frustasi dan malu jika kedokter umum maupun spesialis akibat berhubungan sex bebas. Dan awalnya saya terkena gonorhea, namun setelah saya meminum CEFIXME 500g (Tanpa petunjuk dokter) alhamdulillah tidak terjadi kencing nanah lagi. Namun efeknya justru ke herpes genital yang sampai saat ini saya rasakan. Pertanyaannya apakah saya sudah sembuh dari gonorhea ? Dan bisa kah saya sembuh total dari keduanya ? Kesalahan memalukan ini telah menjadikan pelajaran sekali buat saya. Hingga saat ini saya merasa bersalah dan malu untuk konsultasi langsung. Mohon pencerahannya, terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas kami akan membahas mengenai herpes simpleks.

Herpes simpleks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks tipe I atau tipe II yang ditandai oleh adanya vesikel (gelembung) berkelompok di atas kulit yang sembab dan merah, mengenai alat kelamiin dan mukosa mulut. Penyakit herpes simpleks termasuk dalam kategori penyakit infeksi menular seksual karena ditularkan terutama melalui hubungan seksual.  Infeksi Herpes Simpleks Virus tipe 2 adalah infeksi virus yang umumnya dapat terlihat pada kemaluan seseorang, dan ditularkan melalui hubungan intim atau seksual. 

Apakah herpes bisa diobati? Setelah infeksi primer, HSV akan menjadi laten (menetap) di sel saraf dan apabila kondisi Anda sedang drop atau kekebalan tubuh menurun, maka HSV dapat kambuh kembali. Dan hingga saat ini belum ada terapi yang dapat memberikan kesembuhan total terhadap infeksi virus herpes simpleks. Akan tetapi pemberian obat antivirus tertentu (seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir) dapat membantu memendekkan durasi penyakit dan memperpanjang interval kekambuhan.

Yang terpenting adalah menjaga kekebalan tubuh dengan asupan nutrisi cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur. Dan mengingat virus ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, maka sebaiknya pasangan Anda juga menjalani pemeriksaan yang sama, karena keduanya harus diobati jika terbukti positif menderita HSV. Jika infeksi virus sudah tidak aktif tidak akan menukar ke orang lain, akan tetapi kami sarankan agar Anda setia melakukan hubungan seksual pada satu pasangan, menggunakan kondom lateks secara konsisten dan benar ketika berhubungan untuk mengurangi risiko penularan herpes, jika gejala herpes muncul kembali segera hentikan aktifitas seksual. Untuk menentukan apakah benar Anda menderita penyakit herpes dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan menyeluruh. Dengan diketahuinya diagnosa penyakit Anda, maka pengobatan yang dilakukan akan tepat guna dan optimal. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter, tidak perlu malu. Karena kerahasian penyakit Anda akan dijaga. Bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda mengalami herpes atau gonore? Anda tidak dapat mendiagnosa sendiri penyakit tanpa adanya pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan) yang terjadi pada Anda.

Sedangkan Gonore / Kencing Nanah / Raja Singa merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif.

 

Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan. Apakah saat ini Anda masih mengalami gejala diatas? 

Penyakit ini dapat disembuhkan dan tidak memerlukan rawat inap. Pada Pria, Gonore dapat menyebabkan epididimitis (inflamasi pada saluran pengeluaran sperma) yang dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan) jika tidak ditangani dengan baik. Gonore dapat menyebar melalui darah dan sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu segera konsultasi dengan dokter. 

Kami sertakan artikel-artikel berikut, untuk informasi lengkap Anda:

3 Gejala dari Penyakit Menular Seksual

11 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seksual

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,


Tm Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar