Sukses

Siklus Haid Tidak Lancar

29 Aug 2014, 14:41 WIB
Wanita, 26 tahun.
Salam kenal dok...saya arum..ingin sdkit bercerita..sya sdh menikah 3 bln dan selama 3 blan haid saya teratur tp smpai saat ini saya telat haid sdh 13 hari HPTL saya 16 Juli kmrin saya smpat merasakan sesak dan nyeri dada di sertai mual dan pusing lalu sya periksakan ke dr..hasil testpack adalah negatif n dokter menyarankan utk USG transvaginal tp saya menolak krna sya kuraang berkenan jika dokter tersebut adalah laki laki...lalu beliau menyatakan klo saya hanya mengalami naiknya asam lambung dan di beri obat Ranitidine dan ondasetron..yg saya ingin tanyakan..apakah saya mengalami siklus haid yg tdk lancar atau kah ada penyebab lainnya..mohon solusi dan penjelasanutk hal itu dok...terima kasih..

 Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Gangguan haid dapat bermacam-macam, mulai dari darah yang keluar sedikit atau malah banyak. Selain itu, gangguan haid juga bisa berkisar antara banyak siklus haid yang terjadi. Pertama saya akan jelaskan tentang siklus haid yang normal.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

 

Pada usia Anda masih normal jika haid Anda tidak teratur terlebih Anda belum menikah. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan oleh faktor hormonal atau misalnya Anda sedang mengalami stress. 

Agar lebih jelas, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya.

 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar