Sukses

Penyumbatan Pembuluh Darah

30 Aug 2014, 12:27 WIB
Wanita, 45 tahun.
Selamat siang dokter, aku mau tanya dok, kalau dari pemeriksaan jantung coroner ini, ada pembuluh darah yg tersumbat yaitu pembuluh darah LCX 100 % , RCA stenosis 80 % , kalau dari hasil itu apa masih bisa dipasang cincin dok ? Katanya kalao udah total sumbatanya harus bypass, tapi sodara saya ngga mau karena takut sama operasi bypass dok.. Itu saja pertanyaan dari saya. Makasih dokter :)

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Penyempitan pada pembuluh darah jantung merupakan penyakit yang sering terjadi terutama dengan meningkatkanya usia. Penyempitan ini seringkali disebabkan oleh plak di jantung. Plak ini akibat dari kolestrol jahat yang menumpuk di pembuluh darah, teroksidasi, dan membuat peradangan lokal. Plak ini ditutupi oleh foam cell. Yang palng penting adalah mencegah agar plak tidak bertambah besar atau banyak, dan mempertahankan foam cell itu agar tidak lepas. Oleh karena saat lepas itu bisa berjalan-jalan dan menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, ataupun thrombosis. 

Untuk mencegah agar pembuluh darah jantung tersebut tidak semakin menyumbat menurut teori paling baik adalah dengan gaya hidup. Gaya hidup yang dimaksud adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, mengkonsumsi anti-oksidant (vitamin C, E dan Beta Karoten), olahraga sedang (paling tidak 15-20 menit setiap harinya), cukup istirahat, menghindari rokok dan alkohol, banyak konsumsi air putih serta menghindari stres.

Untuk terapi penyumbatan darah tergantung dari dokter jantung yang melakukan terapi serta keluhan saudara Anda, misalnya salah satu kriterianya adalah bila adapeyumbatan pembuluh darah LCA yang lebih dari >50% atau misalnya penyumbatan LAD dan proksimal LCX >70%, dan kriteria lainnnya barulah dilakukan bypass.

Jadi kriteria bypass itu nanti tergantung pembuluh darah mana yang terkena serta perlu juga dilihat juga aliran darah pada jantung sebelah kiri apakah masih baik atau tidak serta dilihat juga gejala si pasien. Oleh karena itu, kami tetap sarankan agar saudara Anda melakukan konsultasi ke dokter specialis jantung. 

Kami sertakan beberapa artikel yang dapat Anda baca : 

Inilah Makanan Pencegah Stroke & Sakit Jantung

8 Langkah Atasi Kolestrol

Awas! Stres Dapat Menyebabkan Kolesterol

Penyakit Jantung Koroner

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Demikian informasi yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar