Sukses

Seputar Hubungan Seksual

30 Aug 2014, 13:40 WIB
Pria, 24 tahun.
Assalamualaikum. apa kabar tim dokter, sy ingin menanyakan : 1.berapa lama waktu (normal) yang dibutuhkan pasutri dalam bercinta? 2.berapa kali (normal) banyak bercinta pasutri dalam satu minggu? 3.makanan apa saja yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma? 4.berapa banyak normal (ml) sperma yang dikeluarkan dalam sekali bercinta? terima kasih

  Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

1. Berapa lama waktu (normal) yang dibutuhkan pasutri dalam bercinta?

Menurut penelitian waktu yang biasanya diperlukan untuk berhubungan seksual adalah antara 10 - 30 menit. Waktu ini menurut penelitian adalah waktu dimana kedua pasangan dapat mencapai tahap orgasme. 

2. Berapa kali (normal) banyak bercinta pasutri dalam satu minggu?

Frekuensi berhubungan seksual tidak ada batasannya semua tergantung dari Anda dan pasangan Anda. Namun ada yang menyebutkan 3-4x dalam seminggu. 

3. Makanan apa saja yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma?

Perlu Anda ketahui bahwa kualitas sperma tidak hanya dilihat dari jumlah sperma, namun perlu dilakukan analisis mendalam untuk dicari jumlah sel spermatozoa, dan kecepatan pergerakannya. Kekentalan atau viskositas dan jumlah sperma dapat diketahui secara pasti dengan pemeriksaan analisis semen (air mani). Analisis semen tersebut sebetulnya ditujukan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma pada kasus infertilitas (ketidaksuburan) pria. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan. Berikut artikel mengenai makanan untuk kesehatan sperma "5 Makanan Untuk Sperma Sehat"

Berikut beberapa artikel lain yang mungkin dapat menambah informas Anda:

5 Tips Sperma Sehat 

Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit

4. Berapa banyak normal (ml) sperma yang dikeluarkan dalam sekali bercinta?

Oligospermia merupakan istilah medis yang dipakai untuk menggambarkan keadaan dimana jumlah cairan ejakulat yang dihasilkan sedikit. Istilah ini seringkali dikacaukan oleh oligozoospermia dimana jumlah sperma yang dihasilkan < 20 juta / ml cairan ejakulat. Normalnya jumlah sperma berkisar antara 20 juta / ml hingga 120 juta / ml.

Bagaimana dengan Anda? Apakah yang berkurang jumlah cairan semennya atau jumlah spermanya? Jumlah sperma yang dihasilkan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu:

  •  faktor genetik (kromosom)
  •  suhu tinggi
  •  kelainan organ reproduksi, saluran kemih dan hormon.
  •  kurang nutrisi dan vitamin (vitamin C, selenium, zinc, folat)
  •  kemoterapi, obesitas, merokok, alkohol, logam berat, dsb
  •  faktor psikologis: stres, panik, depresi
  •  faktor lingkungan: air yang tercemar

Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah menghindari faktor-faktor di atas termasuk nutrisi dan pola hidup sehat, tetapi dalam penanganannya tetap memerlukan peran dokter spesialis andrologi. Terapi yang dipilih disesuaikan dengan penyebab, kecuali untuk faktor genetik.

Pada prinsipnya hanya dibutuhkan satu sperma dari banyak sperma yang dihasilkan untuk membuahi sel telur. Dengan jumlah sperma sedikit kemungkinan terjadinya kehamilan tentu menjadi semakin kecil, namun pada beberapa kasus (jarang) ternyata oligospermia masih dapat membuahi sel telur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar