Sukses

Sulit BAB

29 Aug 2014, 17:03 WIB
Wanita, 21 tahun.
Selamat pagi dok..sy mau tanya dok.sy mnglami sembelit pasti setiap 2hari bru bisa BAB pdahal sy rajin skali makan sayur buah2 munm air putih yg bxak..dan bentuk feses'ku keras dan hitam jdi pas keluarnya pasti sakitt sekali kadang di sertai dg darah segar kejadian ini sdah berlangsung skitr 1bulan..sy hrus bgmna dok???apakh boleh sy mnum obat perlancar BAB krn skrg sy lagi menyusui!!!dan adakah hubungan antara sembelit itu dan partus normal yg rupturnya hebat hampir sampe ke lubang anus...(skrg udah 2bulan pasca ppppersalinan)

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Disebut dengan konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/tahi/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Kami menyarankan Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar.

Untuk mendiagnosis keluhan yang Anda alami, dibutuhkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Untuk itu kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,                                      

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar