Sukses

Riwayat Kehamilan Anggur

18 Oct 2014, 17:36 WIB
Pria, 34 tahun.
dokter,sekitar bualn mei 2014 istri ssya terdetesi hamil.Semua berjalan lancar bahkan setiap pemeriksaan hasilnya baik, sampai pada pemeriksaan terakhir sekitar bulan juli detak jantung sudah terdeteksi via USG. Satu minggu setelah pemeriksaan istri saya ada flek tapi sedikit. saya langsung ke dokter dan di usg ternyata detak jantung sudah tidak ada hanya ukuran janin dari pemeriksaan sebelumnya bertambah (dari 28 mm ke 31 mm). Akhirnya diminta opname dan diberi obat penguat dll,serta tes TORC dll dan akan dicek setelah 3 hari. setelah 3 hari dicek ternyata detak teteap tidak ada dan ukuran menyusut ke 26 mm. Akhirnya diputuskan kuretase (14 Juli 2014) dan lanjut dengan pemeriksaan PA. Hasil tes darah keluar teryata ada hypertiroid dan hasil tes ACA nilainya 60 (infonya ini termasuk moderate). Tinggal menunggu hasil tes PA. Tanggal 23 Agustus 2014 hasil Cek PA keluar dan ada indikasi Mola,tapi tidak ada keganasan troboflas. Istri saya selanjutnya diminta untuk tes beta HCG hasilnya tanggal 25 agustus 2014 nilai beta HCG 23,53 mIU/ml. saran dari dokter disuruh untuk foto rontgen dada dikhawatirkan ada kanker kario.Ternyata hasil rontgen semua normal. saat ini istri sedang menunggu untuk tes betaHCG lagi rencana tanggal 6 sep 14. kalau nilainya masih diatas 5. saran dokter pengobatan dengan MTX selama 5 hari. mohon masukan dan sarannya. info : dari setellah kuretase sampai sekarang istri saya sering flek dan keluar darah. terkadang bersih 2 hari muncul flek lagi. dan tiga hari lalu darah keluar seperti haid dan berlangsung selama 2 hari.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada dasarnya kadar B-hCG dibawah 5 IU/mL berarti negatif dan diatas 25 IU/mL berarti positif hamil.

Penyakit Trofoblas ganas adalah penyakit yang sering timbul setelah mengalami kehamilan anggur. Karena istri Anda memiliki riwayat kehamilan anggur dan kadar beta HCG saat terakhir kali diambil masih menunjukkan peningkatan maka disarankan untuk dipantau kembali kadar beta HCG istri Anda. Pemeriksaan  β HCG merupakan merupakan cara yang paling bermanfaat baik untuk diagnosa  ataupun pemantauan pada pasien dengan penyakit keganasan.

Diperkirakan kurang lebih 23 % kehamilan anggur akan berubah menjadi penyakit Trofoblas ganas. Terapinya biasanya berupa kuretase, kemoterapi atau pada ibu yang tidak ingin memiliki anak lagi dapat dilakukan pengangkatan rahim. Jadi kami sarankan yang bisa istri Anda lakukan saat ini adalah bedrest sambil menunggu tes B-HCG selanjutnya. Terapi Methotrexate merupakan terapi utama dalam pengobatan kemoterapi.

Pada umumnya setelah 1 hingga 2 minggu dari kuret, darah sudah tidak keluar lagi. Penting juga untuk diperhatikan apakah jumlah darah sampai sekarang makin berkurang atau tetap sama jumlahnya?

Selama darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak semakin berkurang dan diiringi adanya keluhan perut sakit maka sebaiknya istri Anda mengunjungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar