Sukses

Pilek Dan Berat Badan Pada Anak

20 Oct 2014, 07:17 WIB
Pria, 33 tahun.
- anak yang sering pilek,,,penyebabnya apa ? - bagaimana agar anak bisa gemuk ?

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

1. Anak yang sering pilek,,,penyebabnya apa ? 

Salam Saya untuk buah hati Anda. Flu atau batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi. Saat ini sudah berapa lama buah hati Anda terkena flu?

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Jika dalam 7-10 hari  semenjak sakit, tidak nampak adanya perbaikan gejala pada anak Anda atau bila memang anak Anda juga sudah semakin sulit bernapas dan ingus atau dahak menjadi semakin kuning-kehijauan maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter anak Anda.

Semoga buah hati Anda cepat pulih kembali.

2. Bagaimana agar anak bisa gemuk ?

Sayang sekali Anda tidak mencantumkan jenis kelamin, berat badan maupun tinggi badan anak Anda, karena dengan data tersebut dapat diketahui berat badan ideal anak Anda. Jika anda ingin mencari tahu kisaran berat badan dan tinggi badan yang sesuai dengan usia, Anda dapat menggunakan fitur pertumbuhan anak yang terdapat pada bagian bawah dari halaman Rubrik Tumbuh Kembang Anak.

Mengenai tubuh yang kurus, selama berat badan dan tinggi badan masih berada dalam kisaran normal, jangan khawatir karena penampakan tubuh kurus mungkin terlihat karena anak lebih tinggi daripada anak sebaya yang dikarenakan turunan orang tua. 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak selain faktor genetik adalah faktor asupan nutrisi dan aktivitasnya. Apabila makannya biasa dan aktivitasnya banyak tentu saja berat badannya tidak akan meningkat. Untuk meningkatkan berat badan, yang diperlukan adalah asupan atau input lebih besar dari aktivitas atau output. Anak Anda sebaiknya mulai mengonsumsi susu formula serta makanan tambahan lainnya sesuai dengan usia. ASI tetap diteruskan.

Apabila anak Anda tergolong aktif, maka makan atau susunya pun harus banyak. Pemberian snack diselang makan besar dapat sering Anda berikan (2-3 jam sekali). Pilihlah makanan sehat yang banyak berkalori tinggi (roti, bubur, kue) dan bukannya makanan jajanan yang tidak bernutrisi (chiki, permen).

Pastikan anak Anda tidur siang dan tidur cukup di malam hari (8-10 jam) guna membangun metabolismenya. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makannya, apabila pola makan anak Anda baik, dalam artian anak banyak makan dan minum susu dan terlihat aktif, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari anak Anda, meskipun berat badannya tidak naik signifikan.

Faktor lainnya juga adalah penyakit terutama penyakit kronis seperti infeksi kronis (infeksi saluran kemih), anemia (kekurangan zat besi), serta hal lain yang bisa menyebabkan gagal tumbuh (adanya kelainan di jantung, hormon, dan sebagainya). Perhatikan juga tanda cacingan seperti lemah, lesu, atau keluar cacing dari dubur. Apabila terdapat tanda seperti yang kami katakan, berkonsultasilah ke dokter, mungkin anak Anda memerlukan obat cacing.

Gigi yang hancur atau penuh dengan karang gigi memang dapat menjadi penyebab anak malas makan. Konsumsi susu pada anak jika dibarengi dengan rajin membersihkan gigi sebenernya tidak terlalu menjadi permasalahan. 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar