Sukses

Interaksi Obat

20 Oct 2014, 10:40 WIB
Wanita, 30 tahun.
Aslkumwrwb dokter, saya sedang minum cyclo progynova (1x1) dan saya minum saat malam. Kemarin lutut saya sakit, saya berobat ke dokter dan dikasi obat fenarin dan metisol 4 (1x1) saya minum setelah sarapanpagi. Pertanyaan saya, apakah boleh cyclo progynova di minum bersamaan dgn obat medis yang lain seperti metisol 4 dan fenaren? Terima kasih dokter.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami akan membantu menjawab pertayaan Anda. 

Cyclo-Progynova mengandung estradiol dan norgestrel yang berfungsi sebagai HRT (hormone replacement therapy), Fenaren mengandung natrium diklofenak dan Metisol mengandung methyprednisolone dimana kedua obat ini berfungsi untuk menghilangkan nyeri. 

Menurut pemeriksaan interaksi, kombinasi obat diklofenak dan methylprednisolone sebenarnya dikatakan dapat menikbulkan reaksi seperti resiko peningkatan luka pada lambung, namun hal ini pun belum tentu dapat terjadi. 

Kalau kombinasi antara methylprednisolone dengan estradiol disebutkan dapat menurunkan efek kerja dari estradiol, namun hal ini juga belum tentu terjadi namun perlu di monitor secara ketat saja. 

Jadi kami sarankan untuk amanya untuk obat nyeri cukup pilih obat fenaren (diklofenak) karena tidak dapat menimbulkan reaksi dengan obat cyclo-Progynova. Namun bila dengan fenaren saja masih ada nyeri lutut coba konsultasi dengan dokter specialis penyakit dalam guna mendapat kombinasi obat nyeri lain. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar