Sukses

Sulit BAB

29 Aug 2014, 12:30 WIB
Pria, 50 tahun.
Assalamualaikum Bpk/Ibu dokter, saya ingin bertanya tentang sembelit/susah BAB. Orangtua saya berusia 50 tahun-an sering susah BAB dan kalau pun BAB ga tuntas padahal ia teratur minum air mineral dan rajin konsumsi buah, sejauh ini ketika ke dokter selalu di bilang hanya masuk angin, apakah ada indikasi kanker usus atau gimana? saya ingin memberikan teh herbal daun senna (jati china) apakah berbahaya untuk usia 50 tahun dan bagaimana efek sampingnya? dan kalau kanker apa harus kemoterapi untuk menyemhuhkannya? Terima kasih Bpk/Ibu dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah BAB ibu Anda keras? Bagaiman konsistensinya? Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Izinkan kami menjelaskan tentang konstipasi. Seorang disebut mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Untuk menentukan apakah kanker atau bukan lebih baik dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan kolonoskopi oleh karena gejala klinis penyakit kanker dapat berbeda-beda setiap orang dan bervariasi dari sulitnya BAB, atau diare, BAB berdarah, berkurangnya berat badan, berkurangnya nafsu makan, jadi sulit untuk mendiagnosa kanker tanpa pemeriksaan tambahan. Untuk teh herbal, hingga sekarang belum ada penelitian jadi kami pun tidak bisa menganjurkan, untuk jenis makanan yang dapat mencegah kanker cukup dengan makan makanan yang sehat, seperti sayur dan buah, serta konsumsi banyak air putih. 

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar ibu Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka ibu Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini sederhana dan semoga dapat membantu buang air besar ibu Anda. Kami menyarankan ibu Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka ibu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar. Dokter dapat melakukan berbagai pemeriksaan penunjang untuk melihat keadaan usus ibu Anda, salah satunya adalah kolonoskopi.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,                                      

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar