Sukses

Kista Ovarium dan Keputihan

19 Oct 2014, 16:40 WIB
Wanita, 18 tahun.
Teman saya terkena kista ovarium , setelah salah satu ovariumnya di angkat , dy belum haid lagi .. padahal sudah sebulan setelah dy haid , tetapi dy mengalami keputihan terus menerus , apakah itu normal ? atau seharusnya dy sudah haid dok ?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang kista ovarium. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel.

Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan (operasi) baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru. Jika ukuran kista istri Anda 7 cm sebaiknya diobservasi terlebih dahulu dan dilihat apakah ukuran tetap selama 2-3 menstruasi, diskusi kan kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan istri Anda.  Umumnya kista sederhana berukuran < 5 cm  dapat mengecil secara spontan selama kehamilan, sedangkan kista >7 dan kista campuran memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Merujuk pada kasus teman Anda, keputihan yang ia alami bisa jadi disebabkan oleh kondisi pasca pengangkatan kista ovarium nya, bisa juga bukan. Hal ini perlu dipastikan kembali dengan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang. Untuk itu kami menyarankan agar teman Anda dapat diperiksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna penanganan lebih lanjut. 

Berikut kami lampirkan artikel yang berkaitan:

Sulit Hamil Karena PCOS

Policystic Ovarian Syndrome

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar