Sukses

Nyeri Perut pada Kehamilan Kembar

20 Oct 2014, 00:31 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, saya sedang hamil kembar usia kandungan 35 minggu.. Tapi saya sering merasakan sakit pada perut saya, namun tidak terus menerus. Ketika bangun dari berbaring, lalu posisi tidur miring dan berubah sebaliknya pun suka terasa sakit. Terkadang mules hampir setiap kali tapi hanya sebentar. Kira2 apa yg harus saya lakukan? Apakah gejala ini biasa atau perlu diobati?
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Nyeri yang dirasakan sejak kapan ? Bagaimana gambaran rasa sakitnya (apakah nyeri tajam atau nyeri tumpul?) Adakah keluhan menyangkut BAK (buang air kecil)? Apakah terdapat keluhan demam atau mual/muntah?  Apa yang sudah istri Anda lakukan untuk mengatasi nyeri dan bagaimana hasilnya? Apakah sudah diperiksa oleh dokter kandungan dan kebidanan istri Anda ? 

Secara garis besar, keluhan nyeri pada perut bawah (khususnya dibawah pusar) dapat disebabkan karena:

  1. Gangguan saluran pencernaan. Contohnya sumbatan pada saluran pencernaan, infeksi saluran pencernaan
  2. Gangguan sistem reproduksi. Contohnya kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim)
  3. Gangguan saluran kencing. Contohnya kandung kencing yang terlalu penuh, infeksi kandung kencing, infeksi saluran kencing bagian bawah  

Jika tidak ditemukan adanya flek dan kontraksi terus menerus bisa dikatakan itu normal. Akan tetapi kami tidak dapat memperkirakan apakah keadaan yang dialami oleh Anda karena diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang usg (bila diperlukan) untuk mengetahui diagnosa apa yang terjadi pada Anda. Jika keluhan sangat mengganggu kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan terapi optimal.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat bermanfaat bagi Anda:

7 Gejala Kehamilan yang Paling Aneh

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

Agar Tetap Nyaman Meski Hamil

Kehamilan Kembar

Serba-serbi Kehamilan Kembar

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar