Sukses

Nyeri di Leher

01 Sep 2014, 06:51 WIB
Wanita, 43 tahun.
Saya tidur jam 9 malam bangun jam 5 pagi. Saat bangun badan saya rasanya pegal dan sekitar leher dan pundak sakit. Apakah penyebabnya ? Pundak belakang saya ada benjolan apakah itu bisa menyebabkan bahu saya sebelah kanan terasa sakit ? Makasih

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri di belakang kepala dan tengkuk dapat disebabkan berbagai macam hal, dari hipertensi, pengapuran daerah tulang leher (servikal), hipertensi, sakit kepala (cluster, tension), posisi kerja tidak anatomis, keram otot, dan banyak lagi. Perlu diuraikan satu persatu kira-kira apa yang menjadi penyebab dari nyeri yang Anda alami.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan penanganan lebih lanjut. 

 

Mengenai benjolan di pundak, sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan di pundak biasanya disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak) dan kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja).

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. 

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut. Bila perlu dilakukan operasi kecil untuk biopsi sekaligus mengangkat benjolan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

 

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar