Sukses

Pembesaran Kelenjar Getah Bening

29 Aug 2014, 12:18 WIB
Pria, 28 tahun.
Selamat Siang Dok, Dulu saya pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, setiap malam kalau tidur sering berkeringat banyak. Dan merasa cepat lelah. Kemudian saya menjalani Biopsi dan menjalani pengobatan selama 6 bulan berturut-turut tanpa henti untuk minum obat setiap hari. Nah yang menjadi pertanyaan saya apakah penyakit itu bisa datang kembali? mengingat ketika tidur saya kadang berkeringat banyak dan tidak bisa memakai kipas angin dan kondisi tubuh sering lemas. Lalu pencegahan apa yg cocok utk menangani pengobatan itu. Terima kasih sebelumnya

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kelenjar getah bening terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya di daerah bagian bawah rahang bawah rahang bawah, ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat. Pembesaran kelenjar getah bening dapat dibedakan menjadi lokal atau umum (generalized). Pembesaran kelenjar getah bening umum didefinisikan sebagai pembesaran kelenjar getah bening pada dua atau lebih daerah.

Penyebab pembesaran kelenjar getah bening adalah:

  • Virus. Infeksi oleh virus pada saluran pernapasan bagian atas (rinovirus, virus parainfluenza, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), coronavirus, adenovirus atau reovirus). Virus lainnya virus ebstein barr, cytomegalovirus, rubela, rubeola, virus varicella-zooster, herpes simpleks virus, coxsackievirus, human immunodeficiency virus.
  • Bakteri. Bakteri pada peradangan KGB (limfadenitis) dapat disebabkan Streptokokus beta hemolitikus Grup A atau stafilokokus aureus. Bakteri anaerob bila berhubungan dengan caries dentis (gigi berlubang) dan penyakit gusi. Difteri, Hemofilus influenza tipe b jarang menyebabkan hal ini. Bartonella henselae, mikrobakterium atipik dan tuberkulosis dan toksoplasma.
  • Keganasan seperti leukimia, neuroblastoma, rhabdomyosarkoma dan limfoma juga dapat menyebabkan limfadenopati.
  • Penyakit lainnya adalah kawasaki, penyakit kolagen, lupus.
  • Obat-obatan juga menyebabkan limfadenopati umum.

Jadi merujuk dari pertanyaan Anda apakah penyakit kelenjar getah bening pada Anda dapat datang kembali? tergantung dari penyebabnya. Diagnosis apa yang disampaikan oleh dokter Anda sebelumnya? apakah TBC?

Jika Anda tetap menjaga daya tahan tubuh Anda, menjaga pola hidup Anda, asupan makanan yang baik dan bergizi, konsumsi sayur dan buah setiap hari, maka kemungkinan muncul sangat rendah. Namun jika penyebabnya adalah keganasan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar