Sukses

Kista Endometriosis

30 Aug 2014, 16:05 WIB
Wanita, 27 tahun.
Dok, sebelum hamil kista endometriosis (kista di saluran indung telur sebelah kiri) saya berukuran 10 cm, kemudian hamil di usia kandungan 2 bln ukurannya jadi 5 cm, kmudian selang usia kandungan 18 bulan ukuran kista saya jadi 9 cm. kondisi janin baik,sesuai perkembangan, tidak ada flek. Saya ibu bekerja dgn menggunakan motor, jarak rumah ke kantor 5km, hanya saja 3 hari belakangan sering naik motor jauh, kemudian pinggang sampai tulang ekor dan paha sebelah kiri saya nyeri sekali,kram, terasa seperti ditusuk susuk beberapa hari ini. apakah ini pengaruh kista saya atau sebab lain ya dok? kata dokter sebaiknya kista saya diangkat, dalam waktu kandungan 18-20 minggu ini. saya bingung. haruskah sekarang diangkat atau bisa saat persalinan/setelah persalinan? terimakasih
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan  Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Endometrium merupakan suatu jaringan yang melapisi rahim. Saat haid, terjadi penebalan lapisan endometrium untuk mempersiapkan kehamilan. Pada endometriosis, sel-sel endometrium ini juga tumbuh dan tertanam di luar rahim, yang biasanya ditemukan pada kandung telur, saluran telur, rongga panggul, hingga usus. Meskipun jarang, sel-sel ini juga dapat ditemukan pada vagina, leher rahim, dan kandung kemih.


Pertumbuhan sel endometriosis ini terjadi setiap kali Anda mengalami haid. Gejala yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri haid hebat akibat regangan dari kumpulan sel endometrium tersebut.

Penyebab pasti endometriosis masih belum diketahui. Beberapa teori mengemukakan kaitan antara endometriosis dengan masalah imunologik (kekebalan tubuh) serta faktor genetik (keturunan).

Terapinya tergantung pada keparahan penyakit dan kebutuhan pasien. Terapi dengan obat ataupun operasi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan masalah kesuburan dan rasa nyeri yang hebat. Oleh karena perjalanannya sangat dipengaruhi siklus haid, salah satu terapinya adalah dengan mengendalikan siklus haid itu sendiri. Keadaan ini dapat dicapai dengan penggunaan obat-obatan hormonal seperti GnRH antagonis, pil kontrasepsi, dsb. 

Merujuk pada kasus Anda yang sedang hamil dan disertai nyeri yang hebat, pengangkatan kista endometriosis memang disarankan. Karena walaupun kista berukuran kecil namun jika menimbulkan gejala seperti nyeri, gangguan haid atau gangguan kesuburan, memang disarankan untuk dilakukan tindakan operasi. Memang betul bahwa bersamaan dengan Anda melakukan persalinan nanti juga bisa dilakukan, namun ditakutkan gejala yang Anda alami dapat bertambah berat seiring dengan kehamilan Anda. Terapi dengan pembedahan dipertimbangkan pada wanita yang tidak subur atau yang nyerinya tidak berkurang dengan obat-obatan. 

Namun hal ini kembali lagi kepada hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Kami menyarankan Anda untuk mengkonsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar