Sukses

Benjolan di Leher & Mengatasi Bopeng

18 Oct 2014, 03:40 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok saya mau tanya, kenapa di leher belakang saya ada banyak benjolan kecil seperti jerawat kadang hilang tapi mucul lagi di daerah lain dan berbekas warna putih apakah itu jerawat, cara menghilangkannya bagaimana ? satu lagi dok, apakah lubang bekas cacar air di wajah bisa di hilangkan/disamarkan dengan obat atau harus di operasi ? terimakasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

  • pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid
  • pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri
  • pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 
  • bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan
  • sebab lain (jarang)

Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut  berbahaya atau tidak.

Sedangkan mengenai keluhan bekas bopeng, dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dll.  Namun, penanganan bekas bopeng ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas. Untuk bekas bopeng akibat cacar kemungkinannya adalah  menggunakan Laser atau biasanya dapat juga dengan menggunakan akupuntur atau dengan menggunakan alat nano dengan cairan ultra beta.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bopeng, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis terapi yang paling tepat untuk Anda. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas  pada wajah Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar