Sukses

Benjolan di Bawah Telinga

28 Aug 2014, 15:36 WIB
Pria, 30 tahun.
dibawah kuping ada benjolan,kadang muncul,dan hilang muncul lagi. bila bagian itu dipegang berulang kali benjolan itu akan muncul,dan membesar. sudah beberapa kali berobat. cuma dilakukan penyedotan..keluar darah dan nanah. ada yang bilang penyakit kelenjar. emang bila saya makan salah satu nya mi,maka benjolan itu akan timbul. apa sih sebenarnya penyakit yg saya derita? wassalam
dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya. Antara lain perlu kami ketahui, jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll.

Benjolan yang Anda alami bisa jadi merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Benjolan yang berasal dari kelenjar getah bening biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Apakah Anda sedang atau sebelumnya pernah sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Jika memang benjolan tersebut adalah kelenjar getah bening, dan bila tidak juga mengempis atau timbul kembali setelah sudah diambil, sebaiknya Anda kembali mengkonsultasikan dengan dokter spesialis bedah menyangkut diagnosis benjolan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar