Sukses

Keputihan Berwarna Cokelat Saat Hamil

20 Oct 2014, 06:37 WIB
Wanita, 27 tahun.
saya sedang hamil 5 minggu, dua hari yang lalu saya mengalami diare hingga hari kedua baru berenti setelah meminum entrosop. tadi pagi saya mengalami keputihan tapi berwarna coklat muda. yang saya tanyakan, berbahaya kah keputihan dengan warna coklat muda tersebut? karena saya kawatir akibat diare selama dua hari menyebabkan kontraksi di rahim. saya kemudian meminum premaston dengan dosis 2x1, dan sore hari keputihan wajar tidak coklat. apa saya harus langsung ke dokter spog ya? karena jadwal ke dokternya masih 2 minggu lagi,

 Terimakasih telah menggunakanan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Ijinkan kami untuk menjelaskan sedikit mengenai keputihan. 

Pada saat hamil akan terjadi pengeluaran cairan vagina yang lebih banyak daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Selama bentuk cairan vagina tersebut berwarna bening atau putih susu, tidak berbau, tidak terasa gatal, itu adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Jika keputihan yang Ibu alami mengeluarkan bau yang mengganggu ATAU mengalami perubahan warna, harus dipikirkan bahwa itu bukanlah keputihan yang normal terjadi pada wanita hamil. Ibu harus memeriksakan keadaan ibu ini kepada dokter spesialis kandungan tempat ibu melakukan antenatal care (ANC) agar dapat segera diterapi dengan tepat dan sedini mungkin. Keputihan yang berlangsung terus menerus tanpa pengobatan yang tepat selama kehamilan dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama kehamilan, seperti ketuban pecah dini, bayi lahir prematur, infeksi cairan amnion dan lain sebagainya.

Jika diberikan terapi yang tepat, keputihan ini dapat sembuh sempurna. Beberapa tips yang dapat Ibu lakukan untuk mencegah infeksi yang berulang antara lain:

  • Jagalah kebersihan dan kelembaban daerah kemaluan dengan baik. Hindari penggunaan cairan pembersih vagina karena cairan tersebut akan membunuh bakteri normal yang terdapat di dalam vagina yang seharusnya berfungsi untuk melindung daerah kemaluan. 
  • Bila celana dalam menjadi lembab/basah maka gantilah dengan yang bersih dan kering
  • Pakailah celana dalam dari bahan yang mudah menyerap keringat

 Kami sarankan Ibu untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh terlebih sebelumnya ibu mengalami diare yang ditakutkan menyebabkan kontraksi pada rahim.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar