Sukses

Alergi Makanan Saat Menopause

28 Aug 2014, 11:43 WIB
Wanita, 58 tahun.
Dok, diwaktu muda, saya tidak sering mengalami gatal-gatal oleh sebab makanan, tetapi berinjak usia tua ini saya menjadi sensitif sekali kalau makan ikan laut dan ayam, pasti merasa gatal-gatal. Apa sebabnya ya dok? apakah ini berhubungan dengan menopouse saya? Dan untuk menghilangkan gatal-gatal ini saya sering minum *bufacaryl* salah satu obat gatal Pertanyaan saya, untuk pemakaian jangka panjang apakah obat ini aman? dan bagaimana supaya saya bisa bebas dari alergi ini tanpa tergantung dengan obat. Terima kasih atas jawabannya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari cerita yang Anda paparkan sepertinya Anda mengalami alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Jadi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan yang sudah Anda ketahui dapat menyebabkan reaksi alergi. Tingkat sensitivitas beberapa perempuan terhadap alergen memang menurut beberapa penelitian secara signifikan meningkat sampai pasca menopause.

Cara terbaik untuk menghindari eksim kambuh kembali adalah mengenali faktor pencetus apa yang dapat membuat alergi Anda kambuh. 

Obat untuk alergi selain dengan salep dapat juga konsumsi obat minum golongan antihistamine (loratadine, cetirizine) atau kortikosteroid lemah namun hanya boleh diberikan oleh dokter kulit bila memang keluhan tidak dapat Anda tahan. Sebaiknya untuk obat oral harus konsultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin. 

Obat yang Anda konsumsi selama ini memiliki kandungan kortikosteroid, berfungsi sebagai anti-inflamasi (peradangan) yang tidak direkomendasikan dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat memberikan efek samping sebagai berikut: peningkatan berat badan, peningkatan kadar gula darah, osteoporosis, perubahan sistem kekebalan tubuh. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan terapi yang optimal.

Kami sertakan artikel berjudul: Alergi, untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar