Sukses

Timbul Dahak Sehabis Merokok & Nyeri Tenggorokan

19 Oct 2014, 07:06 WIB
Pria, 25 tahun.
saya perokok dan penikmat kopi ( kopi hitam khususnya ), pertanyaan saya, kenapa setiap habis minum kopi/es, apalagi smbil merokok tenggorokan saya hampir selalu langsung ada dahak(lendir) nya,dan ketika saya mau keluarkan susah banget sampai2 mau muntah, setelah dapat keluar pun rasanya ada lagi(seperti memproduksi lendir terus), dan saat bangun tidur dipagi hari tenggorokan sakit terasa kering dan sangat sakit, ada apa dengan tenggorokan saya ya dok. dan bagaimana cara menyembuhkannya? terima kasih sebelumnya.

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya.

Rasa nyeri pada tenggorokan dapat disebabkan oleh radang tenggorokan. Radang tenggorokan dapat disebbakan oleh infeksi maupun iritasi dan alergi. Rokok meningkatkan rangsangan saluran napas untuk mengeluarkan dahak selain itu rokok juga merupakan iritan terhadap saluran napas sehingga Anda mudah merasa tidak nyaman dengan tenggorokan anda. Konsumsi kopi dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan aliran balik kopi ke kerongkongan dan ke mulut sehingga terkadang mulut  terasa asam, asam lambung yang meningkat terus menerus pun  dapat menjadi salah satu iritan.

sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kopi dan merokok, perbanyak minum air hangat dan konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin c.

Jika keluhan masih terus mengganggu sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk mendapatkan pengobatan yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam


Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar