Sukses

Mata Belekan

28 Aug 2014, 11:13 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dear dr. Dyah, Apa ada bahayanya bila ada serat2 putih (bkn kotoran) di pangkal bulu mata atas dan bwh? Biasanya sering terjadi saat saya krg tidur dok, dan pekerjaan saya mengharuskan selalu duduk di depan komputer, saya juga merasa kurang fit dan berimbas ke berat badan yg mulai naik. Oh ya mata saya minus 2 namun saya sering malas memakai kacamata karena sering merasa pusing saat dipakai, apakah ada hubungannya ya dok. Terima kasih.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) seperti yang Anda keluhkan dapat merupakan salah satu gejala dari kelainan selaput mata atau juga saluran air mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret (kotoran) purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret (kotoran) serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik serta disertai rasa gatal maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) akan disesuaikan dengan penyebabnya. Maka, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan secara langsung untuk diagnosis tepat dan penanganan segera. Anda juga dapat membersihkan selalu mata Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor. Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Keluhan yang Anda rasakan bisa juga kemungkinan disebabkan oleh mata lelah. Mata lelah akan menyebabkan pandangan sulit fokus, kabur, pedih, silau dan dapat juga mengalami pusing. Selain itu postur, tekanan dan lamanya melihat layar juga dapat mempengaruhi dan menyebabkan pusing. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMC Public Health menunjukan bahwa remaja yang menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar (tv atau komputer) cenderung mengeluhkan nyeri punggung dan nyeri kepala. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca atau melihata layar dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat. Untuk itu gunakan mata untuk melihat layar secara terbatas, yaitu 2 jam saja. Kemudian istirahatkan selama 20 menit dengan melihat jauh sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

Salam,                                       


Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar