Sukses

Kaki Terasa Kaku & Kram Saat Hamil

29 Aug 2014, 16:26 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, usia kandungan saya sekarang 22 minggu, kemaren malem tepatnya saya kaget pas bangun tidur kaki saya sakit, ga bisa di gerakin seperti keram tapi dengan durasi yang cukup lama. Saya panik dan minta suami untuk memijit kaki saya. Sampai sekarang rasa pegal2 di kaki masih terasa, hal ini disebabkan oleh apa ya dok ? Dan apa yang harus saya lakukan agar tidak mengalami keram seperti ini lagi. Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada kehamilan gejala jari tangan dan kaki terasa kaku dan kram  termasuk normal, hal ini terutama terjadi pada trimester kedua. Hal ini dikarenakan terjadinya adanya pembengkakan pada tangan dan kaki yang menekan saraf. Biasanya bertambah parah saat malam hari ketika terjadi penimbunan cairan pada bagian bawah dari anggota tubuh atau pada saat tidur tangan Anda tanpa sengaja menekuk yang dapat menambah penekanan pada saraf -saraf di tangan.

Cara mengatasinya :

1. Kibas-kibaskan tangan Anda yang terasa kaku.

2. Hindari tidur diatas tangan.

3. Coba berbaring dan posisi kaki lebih tinggi.

4. Gunakan sepatu yang nyaman di kaki.


Namun jika keluhan ini dirasakan sangat menganggu Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Berikut kami lampirkan artikel untuk menambah informasi Anda:

5 Tips Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

6 Makanan Wajib Ibu Hamil

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar