Sukses

Pencegahan Hepatitis

19 Oct 2014, 22:30 WIB
Wanita, 19 tahun.
asslm dok, saya berumur 19 tahun dan setahun yg lalu saya prnah di vonis terkena hepatitis, memang gejala yg terlihat adalah kulit saya bewarna kuning, mudah lelah, kepala pusing, dan mual2 bahkan saya smpat muntaber. setelah cek darah sgot dan sgpt saya mencapai 500 lbih, ada beberapa lagi pemeriksaan yg saya lakukan namun saya lupa namanya apa tpi smuanya diatas normal. setelah berkonsultasi ke dokter, dokter memberikan saya obat selama sebulan dan menganjurkan saya untuk beristirahat. sang dokter jga menceritakan bahwa org yg pernah terkena hepatitis b dan c beresiko terkena kanker hati. mendengar itu saya jadi takut dok apalagi bisa saja saya kembali sakit hepatitis. skrg alhamdulillah saya sdh sembuh namun yg ingin saya tnyakan adalah, apa yg saya harus lakukan untuk menghindari terkena hepatitis dan obat2 apa saja atau vitamin dan makanan yg bisa membantu saya untuk tidak terkena hepatitis lagi, serta apa penyebab bisa terkena hepatitis? krna sebelum saya divonis hepatitis ada teman saya yg juga sebelumnya terkena penyakit hepatitis, terimaksih sebelumnya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan pertanyaan. Sebelumnya Anda terdiagnosa hepatitis apa, A/B/C ?

Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan karena virus Hepatitis. Virus Hepatitis yang paling banyak menyerang manusia adalah virus Hepatitis A, virus Hepatitis B, dan virus Hepatitis C. Gejala pun dapat bermacam-macam tergantung jenis gangguan hati yang dialami. Gejala hepatitis pada umumnya adalah:

  • Perut begah
  • Mata kuning
  • Mual/muntah
  • badan lemas/cepat lelah
  • nyeri di daerah ulu hati
  • Perubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK)

 

 

 

Pencegahan Hepatitis A adalah pada dasarnya menjaga kehigienesan diri serta makan makanan yang memang terjaga kebersihannya. Biasakan cuci tangan dengan baik sebelum makan, dan setelah dari toilet. Makanan yang disediakan di warung-warung tidak jelas kebersihannya, baik dari bahan makanan maupun air yang digunakan untuk membersihkan alat-alat makan. Jadi, saran kami adalah coba membawa makanan dari rumah, atau bawa peralatan makan sendiri (sendok dan tempatnya) jika makan di luar terutama di warung

Sedangkan jika Anda mengalami hepatitis B-C, Anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengunjungi dokter teratur (minimal 1x/tahun).
  • Menggunakan kondom lateks setiap berhubungan seksual
  • Tidak pernah membagi jarum suntik, tindikan, dsb.
  • Tidak mengonsumsi alkohol karena menambah rusak hati
  • Tidak menggunakan obat-obatan terlarang (suntik), karena memiliki risiko terkena hepatitis yang lain.

 

 

 

 

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (DNA)

Terimakasih.

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar