Sukses

Vaksin Saat Hamil

27 Aug 2014, 17:02 WIB
Pria, 34 tahun.
pagi dokter... saya ingin bertanya mengenai masalah kandungan istri saya... oh iya istri saya saat ini sedang mengandung anak yang ke 3 insya allah akan lahir antara tanggal 1-15 sept 2015 (prediksi dokter kandungan istri saya)... yg mau saya tanyakan adalah ...saat hamil istri saya belum disuntik virus yg sudah dilemahkan (untuk imun kekebalan bayi) itu ada efek negatifnya atau tidak... atau bolehkah dalam menunggu kelahiran anak saya dilakukan penyuntikan tersebut... tks dok...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebeum  menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Vaksin apa yang dimaksud oleh Anda? karena Imunisasi yang diberikan pada ibu hamil adalah imunisasi TT (tetanus toksoid). Hal ini diberikan karena tetanus merupakan risiko yang dapat terjadi (tetanus neonatorum) apabila kondisi atau tempat untuk melahirkan tidak higienis. Hal ini sering terjadi di masa lampau karena dulu masih banyak kelahiran ditolong oleh dukun yang tidak menggunakan alat yang steril.

Namun saat ini apabila melahirkan dilakukan oleh bidan/dokter dengan peralatan yang steril maka risiko tetanus pada bayi baru lahir sudah banyak berkurang. Jadi menurut kami tidak ada masalah jika memang istri Anda belum vaksin jika nanti saat melahirkan ditolong oleh dokter/bidan yang tentunya memakai peralatan yang steril saat proses persalinan. Jika memang istri Anda memutuskan untuk tidak melakukan vaksin TT, maka tidak perlu juga dilakukan saat anak Anda sudah lahir karena faktor resiko nya terjadi saat proses melahirkan saja.

Tetanus neonatorum adalah penyakit tetanus yang terjadi pada bayi berusian 0-1 bulan,merupakan penyebab kejang yang sering dijumpai pada bayi baru lahir yang bukan karena trauma kelahiran atau asfiksia, tetapi disebabkan oleh infeksi selama masa neonatal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar