Sukses

Tentang Lupus

27 Aug 2014, 12:32 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok saya mau tanya, saya pernah baca artikel tentang lupus dan ruam di wajah. dulu waktu SMP saya sering kena penyakit kulit kya gatal2 gtu dan udh ke dokter kulit beberapa kali. sampe skrng kulit wajah saya terutama kedua pipi sering mengelupas, gatal, dan merah apalagi klo kena matahari dan udara lembap juga klo saya merasa tertekan kya gugup dan gelisah. saya juga punya penyakit maag kronis sejak saat itu mungkin krna stes mkirin kulit saya. maag saya sering kambuh dan badan jd sering pegal2.. bhkan kmarin ada benjolan kecil d bwah telinga kiri saya. trus besoknya kempes. saya jg pernah didiagnosis punya infeksi ginjal. apa itu jg trmasuk gejala lupus?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyebab keluhan yang Anda rasakan dapat berbagai macam, terlebih lagi keluhan terutama dirasakan di bagian kulit sehingga sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung melalui penglihatan. terlebih Anda pernah megalami benjolan di bawah telinga dan pernah dikatan gangguan ginjal, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan. Tetapi karena Anda bertanya mengenai lupus, kami akan mencoba menjelaskan mengenai Lupus.

 

Penyakit lupus lengkapnya disebut systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus eritematosus sistemik (LES), adalah penyakit autoimun yang dapat mengenai seluruh sistem organ tubuh. Pada SLE / LES terjadi ketidakseimbangan sistem imun (daya tahan tubuh) yang menyebabkan reaksi tubuh terhadap jaringan yang sehat. 

Penyebab SLE / LES belum diketahui, namun predisposisi genetik, hormon seks, dan lingkungan diduga memiliki pengaruh dalam perkembangan penyakit ini.

Mengingat penyakit ini dapat mengenai berbagai sistem organ tubuh, gejalanya bervariasi meliputi: demam, lemas, penurunan berat badan, kemerahan khas pada wajah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash), nyeri otot dan sendi, gangguan saluran kemih, gangguan jantung, sistem pencernaan, kelainan darah, gangguan saraf, faktor psikologis, dsb.

Belum ada terapi yang dapat menyembuhkan SLE / LES 100%. Terapi yang ada saat ini hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mencegah kekambuhan. Lebih lengkap mengenai SLE / LES dapat anda baca dalam indeks penyakit kami dalam waktu dekat. Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar