Sukses

Mencegah Sakit Tifus

27 Aug 2014, 11:50 WIB
Pria, 26 tahun.
Dok,saya mempunyai teman yang saat ini "katanya" mengalami penyakit tipes,dan itu pun saya mengetahui setelah dia jujur disaat kami minum kopi berdua "dalam 1 gelas",yang saya tanyakan dok,apakah saya akan tertular tipes juga ? dan apa yang saya lakukan untuk mencegah tipes ini ? mohon bantuan nya dok, dan sebelum nya saya ucapkan terima kasih . .

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit tifus, atau yang dalam dunia kedokteran lebih dikenal sebagai demam tifoid, terjadi akibat adanya infeksi bakteri Salmonela typhii dalam tubuh. Bakteri ini akan menyerang usus dan menimbulkan keluhan berupa demam tinggi, tubuh menggigil, badan lemah, sakit kepala, nafsu makan menurun, konstipasi atau diare, mual, muntah, nyeri perut, nyeri otot, dll.

Infeksi ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh tinja penderita tifoid, yang biasanya dibawa melalui lalat, tangan yang kotor, dll. Sehingga Anda tidak perlu takut tertular jika meminum segelas dengan teman Anda.

Berikut beberapa langkah mencegah tifoid:

  1. Ketahui dengan pasti makanan yang Anda makan dimasak sematang mungkin

  2. Ketika Anda merasa bahwa tubuh Anda sedang kurang fit, hindari jajan sembarangan karena pada dasarnya penyakit apapun akan lebih mudah menyerang saat tubuh kita dalam kondisi yang kurang prima.

  3. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah Anda makan, ikuti 7 langkah mencuci tangan yang dianjurkan WHO (Baca: Bagaimana Mencuci Tangan yang Benar?)

  4. Jika memungkinkan, bawalah perbekalan makan dari rumah, segala sesuatu yang dimasak di rumah sendiri seharusnya lebih higienis daripada yang biasa Anda dapatkan di tempat umum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar