Sukses

Demam Pada Anak

28 Aug 2014, 17:36 WIB
Pria, 24 tahun.
klo anak saya sakit demam n batuk gemana cara ya..kan anak saya gak bisa minum obat ya...ank sya baru 6 blan...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam kami untuk buah hati Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adakah gejala lain yang dialami oleh anak Anda (batuk, pilek, mencret, keluar cairan dari telinga, gusi berdarah, dll)? Apakah ada nyeri perut? Gangguan nafsu makan? Mual? Muntah? 

Demam yang terjadi pada anak Anda dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk : infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, DBD, infeksi saluran kencing, keganasan darah, infeksi virus, dll. Pemeriksaan laboratorium apa sajakah yang sudah dilakukan?

Sangat sulit bagi kami untuk memastikannya jika tanpa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang tambahan. Diperlukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mengetahui penyebab demam anak Anda. Untuk pemberian antibiotik harus dibuktikan adanya tanda-tanda infeksi bakteri jadi semua tergantung dari keputusan dokter anak yang merawat Anak Anda. Selama masih didiagnosa infeksi virus, maka untuk menurunkan demam hanya diperlukan parasetamol. Namun Ibu harus menanyakan diagnosa pasti kira-kiranya apa. 

Selain itu Ibu perlu  memastikan bahwa asupan makanan dan minuman anak Ibu baik, anak istirahat dan coba lakukan kompres. Obat panas harus diberikan sesuai petunjuknya, agar tidak berlebih dosis yang diberikan. Kompres yang digunakan sebaiknya dengan air biasa (bukan air dingin atau air es), taruh di dahi, kedua ketiak, dan lipat paha. Pastikan bahwa anak banyak minum, karena demam juga dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi.

Artikel yang perlu Anda simak untuk menambah informasi Anda terkait demam pada anak adalah sebagai berikut:

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Demam pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar