Sukses

Gangguan Konversi

17 Oct 2014, 07:01 WIB
Wanita, 22 tahun.
penyakit histeris konversi tu apa? penyebabnya apa? dan cara menanggulangi agar tidak kambuh bagaimana? mohon penjelasannya dok. trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Histeris konversi atau kerap dinamakan kelainan konversi merupakan suatu kelainan yang dapat menyebabkan gangguan neurologikal seperti rasa kebal, kebutaan, paralisis tanpa adanya sumber organ yang menyebabkan. Kondisi ini muncul akibat suatu stres atau trauma yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Keluhan-keluhan yang muncul dimulai dengan adanya stresor atau trauman yang dapat bermanifestasi terhadap kelainan fisik. 

Beberapa keluhan yang dapat muncul adalah kebutaan, paralisis, bisu, tidak dapat menelan, kelainan keseimbangan, kejang, tremor, kesulitan dalam berjalan, nyeri pada tubh hingga kesulitan dalam menahan BAK dan BAB, pingsan, hilangnya rasa nyeri dan banyak lagi. Keluhan-keluhan ini biasanya tidak ada hubunganya dengan organ tubuh dan semuanya merupakan kelianan psikis. 

Penangannya adalah dengan beberapa cara seperti penejalasan (pembahasan mengenai masalah apa yang terjadi oleh orang tersebut), terapi occupational hingga dengan obat-obatan. Sebaiknya memang Anda melakukan terapi ke dokter specialis kejiwaan agar dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar