Sukses

Hemifacial Spasm

19 Oct 2014, 09:49 WIB
Pria, 26 tahun.
Selamat pagi dok.. Dok saya menderita HFS sudah 3 tahun. Saya sudah melakukan MRI dan hasilnya normal. Sejauh ini saya cuma melakukan terapi akupuntur saja dok, dan saya juga belum pernah melakukan suntik botox. Karena yang saya tau suntik botox cuma meredakan selama 3 bulan saja. Saya mendapat info dari internet, HFS ini hanya bisa disembuhkan dengan operasi MVD yaa?? Jujur saja dok, saya ini orang tidak mampu. Pastinya biaya operasi itu sangat mahal, saya benar2 prustasi dok. Saya mohon pencerahannya dok, saya harus bagaimana untuk menyembuhkan penyakit saya ini dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

HFS (Hemifacial Spasm) merupakan suatu jenis penyakit neuromuskuar yang ditandai dengan gejala kontraksi otot (spasme) otot pada satu sisi wajah. HFS terdiri dari tipe tipikal dan atipikal. Pada bentuk tipikal, twitching (kedutan) biasanya mulai pada kelopak mata bawah, dan bernagsur akan kena ke seluruh kelopak mat, mulut dan pipi. 

Pilihan terapi yang dapat dilakukan adalah : 

  • Microvascular Decompression : Teknik ini merupakan tindakan dengan cara menghilangkan tekanan pada saraf facial. Dengan tindakan ini hasil baik diaporkan terjadi pada 80% kasus, dan pada 10% kasus terjadi kekambuhan.
  • Botulinum Toxin (Botox) : Juga merupakan teknik yang efektif untuk terapi HFS. Kesuksesan terapi dengan botox juga sangat banyak hampir 80%, namun dengan teknik botox harus mengulang 3- 6 bulan kemudian. 

Untuk harga maaf sekali, kami tidak dapat menyebutkan, namun kami sangat menyarankan untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat konsultasi ke dokter specialis saraf. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar