Sukses

Jantung Berdebar

26 Aug 2014, 12:21 WIB
Wanita, 23 tahun.
salam sehat dokter. dokter, saya gadis usia 23 thn mau bertanya.dok, belakangan ini sekitar hampir 1 tahunan ini, misalnya saya minum 1 gelas kecil kopi atau minuman yang mengandung cafein jam 5 sore lalu jam 11 mlm jantung saya rasanya berdebar", perut terasa kembung , kurang fokus, dan saya merasa gelisah. itu kenapa ya dok? terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.
  2. Latihan fisik yang terlalu berat.
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.
  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.
  6. Obat-obat pelangsing, asma.
  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.
  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.
  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Telapak tangan yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga.  

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah jantung, saraf, hormonal dan psikis. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk evaluasi menyeluruh dan lebih lanjut untuk penanganan yang tepat.  

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter


0 Komentar

Belum ada komentar