Sukses

Kanker Nasofaring

26 Aug 2014, 10:51 WIB
Pria, 22 tahun.
Malam Dok, Teman saya sudah 2tahun lebih terkena penyakit kanker nasofaring,dan sudah hampir 1 tahun di diagnosa dokter bahwa sudah stadium 4,sampai saat ini benjolan di lehernya semakin banyak dan besar,tidak melakukan audio terapi dan semacamnya,karena takut akan efek samping pengobatan tsb yg dilihatnya sudah banyak orang yg melakukan radio terapi dan hasilnya meninggal, Sekarang hanya menjalani pengobatan tempel leher dari luar,dan minum TF (saya tidak tahu obat tsb obat apa),dan tidak menjalani pengobatan lain selain pengobatan tsb,badannya semakin kurus karena tidak dapat makan dan banyak sekali lendir di lehernya yg tiap saat harus di keluarkan / dimuntahkan, Apakah masih ada harapan untuk sembuh pada tahap stadium4 ini dok?apa pengobatan terbaik pada stadium4 ini dok? Terima Kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan telinga berdengung dapat disebabkan salah satunya karena kondisi alergi Anda. Anda dapat meminta dokter Anda untuk memberikan obat untuk mengatasi keluhan telinga Anda. Untuk mengatasi alergi, Anda perlu mengetahui pemicu dan penyebab alergi Anda karena untuk mencegah keluhan alergi, Anda perlu menghindar faktor-faktor pemicu yang menyebabkan Anda alergi. 

Sudah hampir dipastikan bahwa penyebab dari kanker nasofaring adalah infeksi virus Epstein Barr, karena pada semua pasien nasofaring didapatkan kadar antivirus Virus Epstein Barr didapatkan cukup tinggi. Faktor lain yang mempengaruhi adalah letak geografis yang sudah disebutkan diatas,  penyakit ini lebih sering ditemukan pada laki-laki walaupun alasannya belum dapat dibuktikan hingga saat ini.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah faktor lingkungan seperti iritasi oleh bahan kimia, asap, bumbu masakan, bahan pengawet, masakan yang terlalu panas, air yang memiliki kadar nikel yang cukup tinggi, dan kebiasaan seperti orang Eskimo yang mengawetkan ikannya dengan menggunakan nitrosamine.  Tentang faktor keturunan sudah banyak diteliti  tetapi hingga sekarang belum dapat ditarik kesimpulan. Satu hal lagi yang penting diketahui adalah bahwa penyakit ini seringkali menyerang masyarakat dengan golongan sosial yang rendah, hal ini mungkin berkaitan dengan kebiasaan dan lingkungan hidup di sekitar orang-orang tersebut

Hidung tersumbat dan sinusitis sampai saat ini tidak menjadi penyebab langsung kanker nasofaring.

Untuk informasi lanjut, kami sertakan artikel: Kanker Nasofaring.Kanker Nasofaring (25 Agustus 2014)


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar