Sukses

Konsumsi Kalsium Untuk Tulang

19 Oct 2014, 21:36 WIB
Pria, 34 tahun.
Malam Dok,nama saya Hendri. Saya sudah 2bln berjalan selesai operasi penyambungan lengan tangan kanan saya yg patah akibat kecelakaan bermotor. Tulang sudah di operasi dan disambung menggunakan pen. Saya ingin menanyakan konsumsi kaleg / kalsium,yg dibeli di apotek,apakah ada efek negatifnya? Lalu vitamin yg bagus untuk mempercepat pemulihan sambungan tulang yang patah dengan mengkonsumsi vitamin apa Dok? Sekian yg ingin saya tanyakan,Terima Kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Tubuh memerlukan kasium untuk menjaga kekuatan tulang dan untuk membangun tulang. Jantung, otot, dan syaraf pun memerlukan kasium untuk berfungsi. Pada usia 19-50 tahun menurut jurnal orang membutuhkan kasium sebanyak 1,000 mg setiap harinya. Memang lebih baik Anda mendapat kalsium dari sumber makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi adalah : 

  • Produk susu : kaju, susu, yogurt 
  • Sayuran hijau  seperti brokoli dan bayam 
  • Ikan 
  • Minuman yang tinggi kasium seperti susu soya, sereal dan jus buah

Konsumsi suplement kalsium memang boleh namun penting agar tidak melampaui batas dosis yang ditentukan karena terlalu banyak kalsium dapat meningkatkan resiko batu ginjal, konstipasi, penumpukan kalsium di pembuluh darah dan berkurangnya absorbsi besi dan zink. Untuk penyembuhan tulang selain konsumsi kalsium, konsumsi saja makanan yang sehat seperti sayur dan buah. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar