Sukses

Gatal Pada Pusar

20 Oct 2014, 10:25 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok, sekitar 4 hari yang lalu saya membersihkan pusar tetapi malah perih, gatal, dan berair. Lalu tadi saya ke dokter dan diberi obat dextaco, antibiotik amoxilin, dan parasetamol. yang mau saya tanyakan. 1. Apa pusar yg berair, gatal, perih, dan merah tersebut berbahaya? karena kadang perut saya (baik kanan bawah maupun bagian lainnya) seperti ditusuk-tusuk tetapi hanya sebentar lalu hilang. dan menurut diagnosa dokter, sakit perut tersebut pengaruh dari pusar. 2. saya baca beberapa artikel, katanya obat dextaco itu membuat efek ketergantungan dan beberapa efek samping lain. Apakah benar sudah tepat pemberian obat tersebut? Terimakasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

1. Adanya gejala merah, bengkak, nyeri, dan nanah menunjukkan adanya proses infeksi pada pusar Anda. Kemungkinan sumber infeksi berasal dari riwayat luka pada daerah tersebut. Ikutilah saran dokter yaitu penggunaan antibiotika hingga habis. Bila keluhan masih ada setelah itu, Anda perlu kontrol kembali ke dokter yang menangani Anda untuk evaluasi pengobatan. Untuk nyeri perut, bisa disebabkan oleh infeksi pada pusar bisa juga disebabkan oleh hal lain. Apabila infeksi ini diobati dengan tepat maka kemungkinan tidak dapat menyebabkan bahaya. 

2. Obat Dextaco biasanya diberikan pada kondisi radang atau gatal. Memang bila penggunaaan diluar instruksi dokter (penggunaan berkepanjangan atau dosis yang tidak sesua) dapat menimbulkan efek samping, namun bila digunakan sesuai dengan instruksi dokter maka kemungkinan munculnya efek samping sedikit. Jadi kami sarankan tetap konsumsi obat tersebut namun harus ikuti instruksi dokter yang memberikan obat tersebut. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar