Sukses

Tenggorokan Panas Dan Perih

19 Oct 2014, 13:00 WIB
Pria, 21 tahun.
Tiba-tiba tenggorokan saya panas dan perih seperti makan cabai tepat di bagian jakun tanpa makan dan minum apapun sebelumnya hanya muncul tiba-tiba, kira-kira itu kenapa ya??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin dengan kondisi Anda saat ini.

Keluhan Anda adalah panas dan perih pada tenggorokan. Kemungkinan besar keluhan ini disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Apakah ada nyeri saat menelan? Bila ada nyeri saat menelan bisa juga disebabkan oleh radang tenggorokan. 

Peningkatakn asam lambung sering disebut sebagai GERD (gastro esophageal reflux disease). 

Jika benar Anda mengalami GERD. Untuk sementara, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung (pedas, asam, berlemak, alkohol, rokok, soda),  hindari stres, makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar. Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. Kami belum dapat memberikan rekomendasi pengobatan herbal terkait GERD karena masih minimnya penelitian yang ada.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal. 

Jika memang Anda menderita sakit maag, maka konsumsi jeruk nipis dan jeruk lemon yang dapat meningkatkan produksi asam lambung apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, memang harus dihindari.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Dengan pemeriksaan langsung, maka diagnosis dapat ditegakkan dan Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat. Bawalah obat-obatan Anda ke dokter untuk diskusi lebih lanjut dan bersama-sama menentukan tindak lanjut yang perlu dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar