Sukses

Gigi Berlubang dan Bernanah

26 Aug 2014, 11:32 WIB
Pria, 22 tahun.
selamat sore dok, saya ingin menanyakan gigi graham kedua dr belakang sudah bolong hampir 1/5 dr volume gigi. terlihat dalam dan menyeramkan, mungkin sampai ke pulpa. pernah bernanah tapi sudah tidak lagi karena saya mengkonsumsi antibiotik dan pernah saya operasi sendiri dengan memecahkan nanah tersebut lalu saya kasih albotil dok. seekarang sudah tidak bernanah lagi tetapi gigi saya sakit dan goyang. apakah saya harus cabut dok? lalu pencabutannya sampai ke akar atau tidak? terima kasih dok. saya tunggu jawabannya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Gigi yang berlubang seharusnya dilakukan perawatan oleh dokter gigi baik lubang yang masih kecil ataupun lubang yang telah mencapai kamar pulpa. Pada keadaan dimana gigi yang berlubang mengalami pembengkakan dan terdapat nanah pada pembengkakan tersebut maka menunjukkan terjadinya infeksi yang menandakan gigi telah mati atau nonvital.

Perlu saya ingatkan agar Anda tidak melakukan tindakan sendiri karena dikhawatirkan malah akan memperbesar resiko yang dapat timbul dari tindakan tersebut. Untuk menentukan secara pasti lubang pada gigi Anda maka diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi, dan kemudian juga dapat ditentukan perawatan yang tepat. Bilamana gigi sudah tidak dapat ditambal dan dipertahankan lagi maka akan dilakukan pencabutan pada gigi tersebut sampai pada akarnya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

 

0 Komentar

Belum ada komentar