Sukses

Infeksi Jamur

25 Aug 2014, 22:19 WIB
Pria, 22 tahun.
Dok, sepertinya saya terkena Infeksi jamur candida. Awalnya gatal di selangkangan, kemudian menyebar ke daerah sela-sela jari dan kaki. Obat apa yang harus saya minum ya, dok? Atau ada salep tertentu yang bisa menyembuhkannya? Terima kasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Keluhan gatal pada daerah kaki biasanya disebabkan oleh jamur (kurap), atau dapat pula karena candida (sejenis jamur). Infeksi jamur (kurap) atau candida mudah terjadi dalam kondisi yang lembab. lantas bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Mandi minimal 2x sehari
  • Jika terjadi di daerha pribadi, maka bersihkan selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering. 
  • Ganti celana dalam setiap hari. 
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
  • Gunakan kaos kaki
  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat
  • Cuci tangan. Infeksi jamur ini juga dapat menyebar ke bagian kulit lainnya bila Anda menggaruk bagian yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagaian tubuh lainnya sebelum mencuci tangan. Untuk itu pastikan Anda mencuci tangan Anda setelah menggaruk.

Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, bisa mencapai 2-4 minggu. Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Obat antijamur oral harus diberikan di bawah pengawasan dokter. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi segera dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal, agar tidak terjadi perburukan keadaan yang akan semakin mengganggu Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,                                       


Tim Redaksi Klikdokter


0 Komentar

Belum ada komentar