Sukses

Gangguan Pencernaan

25 Aug 2014, 22:04 WIB
Pria, 26 tahun.
Salam Hangat, Terima Kasih atas jawaban dari pertanyaan saya sebelumnya, hal pertama, oke kalau dokter berkata saya harus makan seimbang. Tapi yang terjadi seperti ini dok. Kalau saya sudah makan seimbang dan berat badan saya naik menjadi 55 kg, pasti saya akan sering BAB lalu kembali lagi menjadi 53 kg. begitu seterusnya. Jadi saya bingung mau berbuat apa lagi. Kedua, apakah tidur 6 jam sehari sudah cukup? Ketiga, sebelumnya dokter bilang kalau olah raga jalam selama 30 menit saja cukup. Selama ini, saya jogging kurang lebih 15 menit (meski hanya didalam rumah/lari ditempat), angkat beban 10 menit sehari & senam kurang lebih 5 menit sehari, jadi total 30 menit. Tapi dengar-dengar, kalau lari pagi itu malah akan menguruskan tubuh. Apa benar? Apa olahraga cukup jalan saja dan tidak boleh yang lain? Olahraga apakah selain jalan? Sepeda, senam, angkat beban atau apa? Keempat, saya ingin bertanya, apakah sunat bisa membuat berat badan naik? Soalnya ada yang menyarankan demikian. Terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya Kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Sudah berapa lama kejadian ini berlangsung? Berapa kali Anda BAB dalam sehari? Apakah berat badan turun langsung turun atau memakan waktu berapa lama? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri perut, mula, muntah? 

Terdapat beberapa organ di dalam rongga abdomen/perut yaitu usus, lambung, liver/hati, limpa, ginjal. Gejala yang ditimbulkan akibat kelainan organ-organ tersebut dapat berbeda-beda. Beberapa gejala yang dapat muncul secara umum contohnya:

  • Gangguan lambung/maag, GERD: mual, muntah, nyeri ulu hati, rasa panas di kerongkongan, rasa pahit di mulut, begah, perut kembung, sering bersendawa, dan sebagainya
  • Infeksi saluran cerna: demam, nyeri perut, diare, konstipasi, nafsu makan menurun, dan sebagainya
  • Kanker usus: BAB berdarah, penurunan berat badan, nyeri perut, dan sebagainya
  • Penyakit hati: kuning, BAK seperti teh, BAB warna pucat, dan sebagainya.

Apakah dari penjelasan diatas ada salah satu gejala tambahan yang dirasakan ketikan sering BAB? Kami sarankan agar Anda menemui dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik  dan memastikan diagnosis penyakit Anda. Untuk jumlah waktu tidur, menurut beberapa penelitian minimal adalah 7 jam setiap harinya.

 Berikut artikel yang dapat Kami berikan untuk menambah informasi Anda: 

Demikian informasi yang dapat kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar