Sukses

Efek Diabetes pada Kehamilan

17 Oct 2014, 19:14 WIB
Wanita, 27 tahun.
dok, 1. apakah ada hubungannya penyakit diabetes dengan penyakit bagian perut, gula darah saya 285. 2. apakah penyakit diabetes bisa menyebabkan tidak bisa hamil dok terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Apakah yang Anda maksud dengan penyakit bagian perut? Diabetes adalah penyakit metabolik yang dapat melibatkan berbagai komplikasi pada organ yang berbeda-beda. Diabetes tidak secara mutlak menyebabkan kemandulan, namun jika ada penyakit PCOS dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Selain itu diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan gangguan bayi selama kehamilan. Diabetes yang ditemukan selama kehamilan biasa disebut diabetes gestasional.

Diabetes melitus gestational adalah keadaan  intoleransi karbohidrat dari seorang wanita yang diketahui pertama kali ketika dia sedang hamil. Diabetes gestational terjadi karena kelainan yang dipicu oleh kehamilan, diperkirakan karena terjadinya perubahan pada metabolisme glukosa. Teori yang lain mengatakan bahwa diabetes tipe 2 ini disebut sebagai “unmasked” atau baru ditemukan saat hamil dan patut dicurigai pada wanita yang memiliki ciri gemuk, riwayat keluarga diabetes, riwayat melahirkan bayi > 4 kg, riwayat bayi lahir mati, dan riwayat abortus berulang.

Angka lahir mati terutama pada diabetes yang tidak terkendali dapat terjadi 10 kali dari normal. Wijono melaporkan rasio 0,18% diabetes dalam kehamilan di RS Dr.Cipto Mangunkusumo.

 

Komplikasi pada Ibu dan Bayi

Masalah yang ditemukan pada bayi yang ibunya menderita diabetes dalam kehamilan adalah kelainan bawaan, makrosomia (bayi besar > 4 kg), hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipokalsemia (kadar kalsium dalam tubuh rendah), hiperbilirubinemia (bilirubun berlebihan dalam tubuh), sindrom gawat napas, dan kematian janin. Faktor maternal (pada ibu) yang berkaitan dengan peningkatan angka kejadian makrosomia adalah obesitas, hiperglikemia, usia tua, dan multiparitas (jumlah kehamilan > 4). Makrosomia memiliki risiko kematian janin saat dilahirkan karena ketika melahirkan, bahu janin dapat nyangkut serta dan peningkatan jumlah operasi caesar. Hipoglikemia pada bayi dapat terjadi beberapa jam setelah bayi dilahirkan. Hal ini terjadi karena ibu mengalami hiperglikemia (kadar gula darah berlebihan) yang menyebabkan bayi menjadi hiperinsulinemia (kadar hormone insulin dalam tubuh janin berlebihan).

Komplikasi yang didapatkan pada ibu dengan diabetes gestasional berkaitan dengan hipertensi, pre-eklampsia, dan peningkatan risiko operasi caesar.

Pemeriksaan penunjang

Pemeriksaan yang diperlukan adalah pemeriksaan kadar gula darah atau skrining glukosa darah serta ultrasonografi untuk mendeteksi adanya kelainan bawaan dan makrosomia.

Kami lampirkan berbagai artikel kesehatan untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. (AN)

Salam

Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar