Sukses

Penyebab Keluhan Nyeri Dada

18 Oct 2014, 15:17 WIB
Pria, 37 tahun.
Dok.. saya mau nanya.. suami saya umur 37 thn..boleh di katakan tiap malam suami saya hrus di kerokin. Kalo gak di kerokin dia ga bisa tidur.. kejadian ini uda berlangung bertahun2 tp gak prnh di obatin..krn abis di kerokin dia lgsng merasa enakan..makanya saya dan suami merasa cm msk angin biasa dan merupakan hal yg lumrah.. nah tanggal 20 agustus kmrin.. suami saya tb2 terbangun dr tdur dan mengatakan kalo dadanya merasa gak enak.. tb2 dia merasa sesak yg dahsyat didadanya.. kedua tangan dan kaki kesemutan..dan suami saya berusaha sekuat tenaga loncat2.. kejadian terjadi sekitar 2 - 5menit.. dan paginya dia lgsng prg cek darah dan EKP.. hasilnya semua normal.. yg mau saya tanyakan..sebenarnya apa yg terjadi pada suami saya..dan apa yg membuat dadanya sesak sampe segitunya.. apakah ini gejala penyakit jantung.. dan apa solusinya ... trima dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri di dada atau perasaan tidak nyaman di daerah dada, dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan kulit, otot, tulang, paru-paru, saluran pencernaan, atau jantung. 

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Bagaimana dengan keluhan Anda? 

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan wawancara medis yang lebih mendetil dan pemeriksaan lanjutan. Dengan demikian dapat ditentukan penyebab pastinya dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Nyeri Dada

Waspadai Nyeri Dada Waspadai Serangan Jantung 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar