Sukses

Warna Klitoris Keunguan, Bahayakah?

17 Oct 2014, 12:17 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selamat Siang Dok, saya seorang mahasiswi, beberapa hari lalu untuk pertama kalinya saya melihat vagina bagian dalam saya sendiri untuk melihat bagian klitorisnya, saya sedikit terkejut karna klitoris saya berwarna ungu kehitamanan sangat kontras dgn wrna bagian vagina saya yg lain yakni pink kemerahan, saya sedikit panik dok apa yang terjadi dgn klitoris saya?, apakah melakukan masturbasi bisa memberikan efek klitoris yang menghitam (berubah warna)? dan apakah bisa menghilangkan keperwanan?.Terima Kasih Dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang organ klitoris. Klitoris merupakan salah satu organ seksual yang terdapat pada seorang perempuan. Klitoris berlokasi pada bagian anterior, ujung depan dari pembukaan labia minora, diatas uretra dan vagina. Klitoris pada wanita se-analog dengan penis pada pria namun fungsi dari klitoris khusus untuk meningkatkan kenikmatan seksual. Warna klitoris bervariasi umumnya berwarna kemerahan, namun ada juga yang berwarna lebih gelap.

Klitoris sendiri berukuran seperti kacang polong, bisa lebih besar atau lebih kecil, sangat sensitif karena mengandung sekitar 8000 ujung saraf, dan digunakan untuk stimulasi seksual pada wanita. Bentuk dan ukuran dari klitoris bervariasi, di dalam artikel yang diterbitkan oleh Journal of Obstetrics and Gynecology disebutkan bahwa klitoris memiliki ukuran sekitar 2,5-4,5 mm. Namun tidak ada korelasi antara ukuran klitoris dengan usia perempuan, TB, BB, penggunaan kontrasepsi oral, dan masa postmenopause.

Selama fase perangsangan seksual dan fase orgasme, klitoris akan membesar dikarenakan jaringan tersebut terisikan oleh darah dan wanita tersebut akan mengalami kontraksi vagina. Warna dan bentuk klitoris yang berbeda-beda tidak akan mempengaruhi fungsinya sebagai organ seksual.

Mungkin saja warna klitoris Anda merupakan variasi dari normal. Selama fungsinya tidak terganggu dan tidak ada gejala lain seperti nyeri, duh tubuh, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun tentunya akan lebih baik apabila Anda berkonsultasi langsung dengan dokter dikarenakan hal yang Anda keluhkan membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung guna evaluasi holistik.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait kesehatan wanita:

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar