Sukses

Penanganan Sulit BAB

25 Aug 2014, 09:42 WIB
Wanita, 19 tahun.
asslm, saya ingin bertanya dok. ini mengenai keluhan jarang bab oleh ibu saya. beliau sudah berumur 36 tahun dan memiliki tubuh yang cukup berisi. sejak dari masih remaja beliau memang sudah jarang bab mungkin hanya 3 kali seminggu. hingga skrg beliau semakin jarang bab dan memang tidak ada keinginan untuk bab dari sstm perncernaan tubuhnya padahal beliau mengeluhkan sering merasa mual, kembung, bahkan pusing dan membuat kondisi tubuhnya tidak nyaman. padahal beliau banyak makan dan mengkonsumsi makanan berserat juga sering minum air putih. ibu saya sudah berkali2 konsultasi ke dokter dan diberi obat namun hingga obatnya habis diminum pun beliau masih jarang bab dok. segala macam cara sudah belaiu coapba sampai minum obat2an herbal. paling yang membuat beliau bab adalah susu yg pernah ditawari oleh tmannya namun beliau malah jadi ketergantungan dengan susu itu kalau tidak minum susu itu beliau tidak ingin bab. ibu saya dulu suka mengkonsumsi obatan herbal untuk tubuhnya dan juga pernah rutin minum obat diet namun skrg berhenti dan skrg beliau malah jarang bab seperti ini dok. apa yg menyebabkan hal itu terjadi dok? dan apa bagaimana solusi yang baik yg dapat ibu saya lakukan? saya mohon jawabannya. terimakasih sebelumnya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari pemaparan Anda, bahwa ibu  Anda hanya BAB dengan frekuensi tiga kali seminggu, salah satu kemungkinannya ibu Anda mengalami konstipasi. Apakah BAB ibu Anda keras? Bagaiman konsistensinya? Keluhan sulit buang air besar (sembelit) dalam dunia kedokteran disebut juga dengan konstipasi. Izinkan kami menjelaskan tentang konstipasi. Seorang disebut mengalami konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu dan disertai dengan konsistensi kotoran/feces yang keras. Kotoran yang keras saat buang air besar dapat menimbulkan sensasi nyeri pada anus. Buang air besar yang tidak tuntas dapat  pula memberikan rasa tidak nyaman pada daerah sekitar anus.

Bagaimana dengan frekuensi buang air besar ibu Anda? Bila < dari 3 kali dalam seminggu maka ibu Anda mengalami konstipasi atau sembelit. Faktor risiko konstipasi mencakup minum yang kurang (orang normal minum 2-3 liter/hari), kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan aktivitas fisik yang kurang (sedentary life).

Terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini sederhana dan semoga dapat membantu buang air besar ibu Anda. Kami menyarankan ibu Anda untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, banyak minum, dan berolahraga. Disarankan untuk memakan 1 porsi sayur-sayuran setiap kali makan, dan memakan 2 porsi buah-buahan setiap harinya. Bila dengan perubahan pola hidup ini keluhan belum berkurang juga, maka ibu Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan diberi obat untuk membantu buang air besar. Dokter dapat melakukan berbagai pemeriksaan penunjang untuk melihat keadaan usus ibu Anda, salah satunya adalah kolonoskopi.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,                                      

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar