Sukses

Nyeri Telinga Seperti Ditusuk

20 Oct 2014, 08:55 WIB
Wanita, 46 tahun.
Kenapa telinga serasa ditusuk jarum atau ditarik tarik? Apakah karna kolestrol atau darah tinggi?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih  telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Saya mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan terkait sakit telinga Anda. Sayangnya Ibu tidak menyebutkan sejak kapan keluhan dirasakan, apa saja pemicunya dan apakah keluhan dapat menghilang dengan sendirinya? Adakah keluhan lain? Nyeri telinga dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi dan iritasi.

Yang termasuk infeksi dan sering terjadi adalah infeksi liang telinga bagian luar atau disebut otitis eksterna. Umumnya infeksi ini akan menimbulkan rasa nyeri pada telinga dan bahkan ketika rahang digerakkan. Pada otitis eksterna yang berlangsung lama atau kronik ada kemungkinan infeksi tersebut menyebar ke tulang di sekitar telinga disebut osteomielitis. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala setiap kali terjadi serangan infeksi akut. Mengenai pengobatan otitis externa  biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga, antibiotik, dan obat anti inflamasi.

Namun tentu ini hanya merupakan salah satu kemungkinan diagnosis, karena untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Saya menyarankan agar Ibu berobat ke dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis THT, karena untuk mendapatkan diagnosis yang tepat perlu dilakukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar