Sukses

Benjolan Dada Kanan pada Anak

25 Aug 2014, 11:23 WIB
Pria, 12 tahun.
Selamat Malam dok, Beberapa waktu lalu di dada sebelah kanan (sekitar payudara) terasa ada seperti benjolan. Benjolan ini jika ditekan terasa sakit, tapi jika dibiarkan tidak terasa apa-apa. Setelah saya konsultasi ke dokter anak (karena anak saya masih menjelang 12 tahun) diberi obat CEPTIK cefixime, dan Cataflam 50 mg. Setelah saya cari di internet ternyata CEPTIK adalah obat antibiotik dan Cataflam adalah pengurang rasa sakit karena pembengkakan. Pertanyaan saya adalah : 1. Kira-kira Apakah hipotesa dokter anak tersebut sehingga memberikan antibiotik dan pengurang rasa sakit? padahal anak saya tidak mngelugkan rasa sakit dan tidak mungkin terkena infeksi. 2. Apakah tidak berbahaya jika penggunaan obat ini dilanjutkan? karena antibiotik CEPTIK tidak dianjurkan untuk anaka-anak. 3. Kira-kira apa efek sampingnya jika obat ini diteruskan, padahal tidak ada infeksi dan tidak ada rasa sakit? 4. Kira-kira mengapa dokter tersebut tidak langsung menyarankan untuk diperiksa laboratorium saja? supaya lebih jelas, daripada anak saya jadi bahan percobaan obat. 5. Ke dokter spesialis apakah yang lebih tepat, apakah ke internis atau langsung ke doter bedah untuk biopsi. Terimakasih sebelumnya atas bantuan dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam Kami untuk buah hati dan seluruh anggota keluarga Anda! Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

1. Kira-kira Apakah hipotesa dokter anak tersebut sehingga memberikan antibiotik dan pengurang rasa sakit? Padahal anak saya tidak mengeluhkan rasa sakit dan tidak mungkin terkena infeksi.

Sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi kesehatan anak Anda saat ini karena kami tidak melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik sendiri. Kami tidak mengetahui kondisi benjolan, ukuran, lokasi tepat, sifat benjolan. Diperlukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui kondisi putri Anda. Untuk itu, kami sarankan agar Bapak mendiskusikan hal ini dengan dokter yang memeriksa anak Bapak. Bapak dapat menanyakan mengenai kesimpulan hasil pemeriksaan dokter dan mendiskusikan pilihan-pilihan penanganan yang ada.

2. Apakah tidak berbahaya jika penggunaan obat ini dilanjutkan? Karena antibiotik CEPTIK tidak dianjurkan untuk anak-anak. 

Bahan aktif CEPTIK adalah cefixime/sefiksim yang sudah memiliki aturan pakai dan dosis untuk anak sehingga dapat diberikan untuk anak.

3. Kira-kira apa efek sampingnya jika obat ini diteruskan, padahal tidak ada infeksi dan tidak ada rasa sakit?

Sayang sekali kami tidak dapat mengetahui apakah anak Anda ada atau tidak ada infeksi. Namun, jika ada infeksi dan obat dikonsumsi dengan baik dan sesuai anjuran maka dapat memberikan efek yang positif. Konsumsi antibiotik harus dilakukan sesuai anjuran dan dihabiskan agar mencegah terjadinya kekebalan bakteri.

4. Kira-kira mengapa dokter tersebut tidak langsung menyarankan untuk diperiksa laboratorium saja? Supaya lebih jelas, daripada anak saya jadi bahan percobaan obat.

Hasil wawancara medis dan pemeriksaan fisik ada yang memerlukan pemeriksaan lanjutan (laboratorium) ada yang tidak. Hal ini sangat bergantung dari penilaian klinis dokter. Untuk itu, kami sarankan agar Bapak mendiskusikan hal ini kembali dengan dokter yang memeriksa anak Anda. Dokter akan memberikan penjelasan mengenai penilaian klinisnya.

5. Ke dokter spesialis apakah yang lebih tepat, apakah ke internis atau langsung ke dokter bedah untuk biopsi.

Kasus-kasus sulit pada anak usia 12 tahun memang paling baik ditangani oleh dokter spesialis anak. Dokter spesialis anak kemudian akan menentukan apakah perlu dirujuk ke dokter spesialis lainnya terkait dengan kepentingan diagnosis dan terapi.

Semoga putri Anda lekas sembuh!

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar