Sukses

Alergi Bau Ikan

25 Aug 2014, 11:10 WIB
Wanita, 20 tahun.
Hallo Dokter Saya pecinta seafood terutama ikan.saya sudah lama skali mengkonsumsi ikan.Tapi anehnya skarang ini jika saya makan ikan saya akan alergi di hidung.Maksud saya ketika mencium aroma ikan yg akan saya makan tiba2 saja hidung saya akan gatal2.Dan pernah sampai terluka di bagian dalam hidung saya.Mulai dari saat itu saya berhenti makan ikan. Kira2 apa ya penyebabnya dok ? padahal saya suka skali ikan.Dan saya ingin lagi makan ikan. tetapi saya belum periksakan ke dokter saya di sarankan teman saya untuk tanya online.Dan saya ketemu dng site ini sebelumnya makasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Keluhan Anda adalah rasa gatal pada hidung setelah mencium bau ikan. Sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Alergi karena ikan biasanya dikaitkan dengan alergi makanan yang dikonsumsi. Yaitu, reaksi alergi akan muncul jika makanan dikonsumsi. Sedangkan alergi inhalasi (hirup) biasanya disebabkan karena bahan-bahan tertentu yang terhirup. 

Gejala apa lagi yang Anda rasakan? Adakah bersin-bersin, pilek, mata berair? Keluhan hidung gatal saja memang tidak spesifik. Namun jika memang mengganggu maka harus ditelusuri lebih jauh. Mungkin saja reaksi tersebut diakibatkan bukan karena ikannya sendiri tapi karena bahan-bahan atau zat-zat lain yang mungkin dilumurkan pada ikan.

Apakah jika makan ikan, muncul reaksi alergi?

Karena keluhan Anda ini tidak termasuk hal yang biasa, maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis  penyakit dalam subspesialis alergi-imunologi untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan tambahan seperti misalnya tes alergi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar