Sukses

BAB Sakit dan Berdarah

19 Oct 2014, 21:45 WIB
Pria, 25 tahun.
Salam Sehat Dokter 7 bulan yang lalu saya mengalami kesulitan (maaf) BAB jadi agak keras dan setelah keluar kemudian rasa perih ketika dipakai untuk duduk setelah itu saya mengkonsumsi teh belanda untuk mengencerkan Feses dan saya hentikan setelah agak.mendingan, kemudian lama kelamaan setiap BAB jadi sakit dan keluar darah dan sakit itu saya alami selama 4 bulan, dan ketika sakit saya biasanya memberikan obat yang dimasukan dr belakang untuk meringankan rasa sakit dan mengencerka feses, saya sudah 2X kedokter umum tapi tidak berdampak apa2 3 bulan kemudian sampai hari ini keluar bau yang agak.menyengat yang membuat saya tidak merasa nyaman, pernah suatu ketika saya coba masukan jari seperti ada benjolan yang kering si dalam anus saya dan keluar darah ketika saya korek..lebih dalam, saya smp sekarang tidak.merasa sakit tapi terkadang kalau feses saya agak keras keluar darah mohon pencerahannya untuk sakit yang saya derita dan tidakan medis yang dibutuhkan terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah sulit BAB, keras dan ada darah sejak 7 bulan yang lalu. Anda juga merasakan adanya benjolan. Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah wasir/hemoroid, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, sirosis hepatis (akibat pecahnya varises esofagus), inflammatorry bowel disease, lecet pada daerah anus karena feses yang keras, dan lain lainnya. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (gastritis erosif, pecah varises esofagus). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir, dsb).

Bila keluhan BAB berdarah disertai teraba benjolan, BAB keras dan sakit, maka kemungkinan besar yang Anda alami adalah wasir/ambeien.

Sulit bagi kami untuk menegakkan diagnosis tanpa pemeriksaan langsung. Diperlukan anamnesa dan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (jika diperlukan) untuk dapat menegakan sebuah diagnosa. Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri Anda langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa secara seksama/mencari sumber perdarahan sehingga mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan. 

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat bagi Anda:

 

Wasir (Hemorrhoid)

6 Tips Mencegah Wasir

5 Gaya Hidup Bebas Wasir

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

 

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Mengenal Serat Lebih Dekat

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar