Sukses

Muncul Gusi Pada Lubang Gigi ?

19 Oct 2014, 06:18 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dokter gigi saya dulu tiba" remuk dan rapuh berlubang,dan tiap tersenggol olh makanan,sakit yg sungguh tak tertahan, dan muncul gusi yg mencuat sebsar jagung,tiba" hilang dg sndrinya,kini muncul lagi,dan sakit bila tersenggol, apa yg harus saya lakukan,,?trimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondis yang Anda alami. Bila mengacu pada keterangan Saudara, diasumsikan gusi yang menonjol tersebut adalah yang disebut pulpa polip. Pulpa polip umumnya lebih sering terjadi pada gigi susu, namun dapat terjadi juga pada gigi tetap orang dewasa.

Pada gigi yang normal, ruang pulpa yang berisi pembuluh darah, syaraf, dan sel-sel lain ditutupi oleh jaringan keras gigi yaitu email dan dentin. Bila terjadi lubang gigi yang mencapai pulpa, rongga pulpa ini terhubung langsung dengan rongga mulut, akibatnya dapat terjadi infeksi dan peradangan. Polip tersebut adalah reaksi pulpa secara berlebihan terhadap peradangan. Karena pulpa gigi masih vital, maka dapat berdarah dengan sentuhan ringan atau saat menyikat gigi. Dan memang dapat membuat bau nafas kurang sedap karena proses pembusukan gigi tersebut. Ditambah lagi bila kebersihan mulut Saudara kurang baik. Gigi tersebut masih dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar, dimana polip diangkat, saluran akar dibersihkan lalu diisi dengan bahan pengisi saluran akar, lalu lubang gigi ditutup dengan restorasi. Pencabutan gigi tersebut adalah pilihan yang paling akhir, bila tindakan lain sudah tidak dapat dilakukan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani.

    0 Komentar

    Belum ada komentar