Sukses

Kaki Bengkak pada Diabetes

20 Oct 2014, 08:59 WIB
Wanita, 23 tahun.
Dok saya mau tanya,ayah saya usia skitar 57th,beliau trkena diabtes gulanya tiap dites slalu tiada nominalnya,atau mugkin sudah diatas 800mg/dl,yg dikeluhkan kakinya bengkak,badanya tdk bertnaga,suka jatuh tiba" dan kakinya bengkak,bila ditekan agak susah kembali,dan bila dibuat duduk dikursi kakinya bengkak,buat berdiri terlalu lama juga bengkak,tiba" terasa ngilu,dan selalu minta dipijat,agar sembuh,kempes,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Salam Kami untuk Ayah Anda!

Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronik yang apabila tidak terkendali sangat mungkin menimbulkan komplikasi. Komplikasi diabetes tersebut diantaranya adalah :

  1. Impoten / Disfungsi Ereksi & Gangguan Syaraf pada Kaki
    • Diabetes mampu merusak jaringan saraf dan pembuluh darah baik  pada kemaluan maupun kaki, sehingga dapat menyebabkan impoten dan kesemutan di kaki.
  2. Kerusakan ginjal
  3. Gangren (infeksi berat pada kaki hingga membusuk)
  4. Kebutaan
  5. Serangan Stroke
  6. Serangan Jantung Koroner
  7. Kematian Mendadak

Apakah saat ini Ayah Anda minum obat rutin secara teratur?

Keluhan Ayah Anda berupa kaki bengkak yang jika ditekan susah kembali, lemas tidak bertenaga. Gejala kaki bengkak seperti ini dapat menandakan adanya masalah pada ginjal atau jantung. Ini dapat merupakan komplikasi dari penyakit diabetes Ayah Anda. 

Kami sarankan agar Anda membawa Ayah Anda ke dokter segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menyeluruh. Dokter perlu melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui kondisi terkini Ayah Anda. Jangan anggap remeh dan sepele keluhan Ayah Anda, apalagi disertai dengan kadar gula darah yang tidak diketahui.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar