Sukses

Minyak Zaitun untuk Kesehatan Bayi

19 Oct 2014, 16:12 WIB
Pria, 25 tahun.
dok saya mau tanya apakah minyak zaitun baik untuk kesehatan bayi? gmn anjuran pakainya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Minyak zaitun seringkali digunakan untuk pemijatan pada bayi. Tidak ada efek khusus terhadap kesehatan, namun memang minyak zaitun lebih lembut dari pada minyak bayi lainnya dan dapat melembabkan serta mencegah ruam popok pada bayi. Kami juga akan jelaskan sedikit mengenai pijat bayi.

Pijat bayi dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Berdasarkan penelitian, bayi cukup bulan berusia 1-3 bulan yang dipijat selama 15 menit, 2x/minggu selama 6 minggu dapat mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi daripada kelompok bayi yang tidak dipijat. Lakukanlah pemijatan bayi ini sendiri oleh diri Anda, untuk mendapatkan perkembangan emosi yang lebih baik bagi bayi anda dan meningkatkan ikatan psikologis bagi Anda dan bayi Anda.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, pijat bayi ternyata diketahui mampu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan bayi. Meningkatnya nafsu makan bayi terutama pada bayi yang mendapatkan ASI, secara tidak langsung akan meningkatkan produksi ASI ibu. Disamping itu, tindakan pijat bayi ini pun akan memberikan manfaat psikologis bagi bayi karena mampu mempererat tali kasih sayang antara orang tua dan anak.

Tidak masalah jika Anda tidak melakukan pijat bayi, karena hal tersebut tidak akan berefek buruk bagi bayi anda. Namun, jika anda memiliki waktu luang bersama bayi Anda, sempatkanlah sedikit waktu untuk memberikan pijatan-pijatan halus pada bayi Anda.

Sedangkan untuk pemberian minyak zaitun untuk dimakan, tidak dianjurkan ketika bayi masih diberikan ASI eksklusif. Setelah bayi mengenal MPASI (Makanan Pendamping ASI) maka bayi dapat mulai diperkenalkan berbagai jenis makanan termasuk makanan yang diolah dengan minyak zaitun. Tidak ada takaran khusus pemberian minyak zaitun, berikanlah sewajarnya, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering. Sekitar 3-4 tetes setiap hari untuk dicampurkan dalam makanan bayi dapat menjadi salah satu asupan sumber lemak, vitamin dan antioksidan bagi bayi. Pastikan minyak zaitun yang digunakan adalah extra-virgin olive oil yang tidak mengalami pemrosesan apapun.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar