Sukses

Jadwal Haid Berubah

25 Aug 2014, 12:41 WIB
Wanita, 23 tahun.
salam sehat dokter. dok, aya mahasiswi berumur 23 thn. dok, saya konsultasi tentang haid saya. dri pertama haid sampai 2013, haid saya norma"saja 4-5 hari dn rutin setiap bulan. tapi, etahun belakangan ini, haid saya mmg rutin tiap bulan. biaanya aya akan haid tanggal 7 tapi 3 bulan ini, saya haid nya tl 17, itu normal kan dok? selain itu, ssya haid nya cuma 1 hari. saya haid nya malam jam 8, sepanjang mlm 1 pembalut saja tdk penuh setengah. sepanjang pagi smpai sore kalau diibartakan tidak ganti pembalut, 1 pembalut saja cukup. malam hari nya sampai esok"hari nya pembalut nya tidak ada darah sama sekali. tapi klo dilap in ke vagina nya ada bercak darahnya sedikit. itu juga sangat jarang. jadi, kalau dihitung dgn pembalut tanpa ganti, 2 pmvbalu sangat lebih dari cukup. darah yang kluar juga gk bnyk. wrna darahnya kdang" hitam, merah hitam, berlendir kental dan berbau. kadang merah darah(jarang). saya juga setahun ini gak pernah lagi sakit yang biasanya terjadi kalau sedang haid. ibu sayasedikit lbh bnyk dari saya, biasanya 2-3 hari. saya kenapa ya dokter? mohon penjelasannya ya dok. terima kasih. ^^
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda? Apakah memenuhi persyaratan tersebut?

Sekilas kami akan membahas mengenai haid tidak teratur atau bermasalah. Penyebab haid tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Penyebab haid yang tidak teratur dapat terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

Selama siklus haid Anda masih sesuai dengan kriterai yang sudah kami sebutkan di atas, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Namun, jika teryata ada ketidaksesuaian, maka untuk mengetahui dengan jelas kondisi Anda saat ini, Anda sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Dengan demikian Anda dapat memperoleh terapi yang sesuai dan optimal. Keluhan ini harus segera ditangani karena haid yang tidak lancar berhubungan erat dengan kesuburan wanita.

Kami sertakan pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar